Kompas.com - 21/05/2021, 17:31 WIB
Trofi Copa America dan bola resmi terlihat selama pengundian turnamen sepak bola Copa America 2020, di Convention Center di Cartagena, Kolombia, pada 3 Desember 2019. - Turnamen sepakbola Copa America 2020 akan diselenggarakan bersama oleh Argentina dan Kolombia tahun depan dari 12 Juni hingga 12 Juli. AFP/JUAN BARRETOTrofi Copa America dan bola resmi terlihat selama pengundian turnamen sepak bola Copa America 2020, di Convention Center di Cartagena, Kolombia, pada 3 Desember 2019. - Turnamen sepakbola Copa America 2020 akan diselenggarakan bersama oleh Argentina dan Kolombia tahun depan dari 12 Juni hingga 12 Juli.

KOMPAS.com - Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) batal menjadikan Kolombia sebagai tuan rumah Copa America 2020.

CONMEBOL sebelum ini telah menunjuk Kolombia dan Argentina selaku tuan rumah bersama Copa America untuk pertama kalinya dalam 105 tahun sejarah turnamen.

Namun, situasi yang tidak kondusif di Kolombia membuat CONMEBOL membatalkan negara tersebut sebagai tuan rumah, Jumat (21/5/2021).

Situasi yang dimaksud adalah protes besar warga Kolombia kepada pemerintah setempat sejak April lalu.

Hal itu disebabkan karena Pemerintah Kolombia menerapkan rencana pajak yang kontroversial. Proposal terkait kebijakan pajak tersebut sejatinya telah dicabut.

Baca juga: Berkat 3 Jersey Messi, Conmebol Dapat 50.000 Vaksin Jelang Copa America

Namun, para pengunjuk rasa terus berdemonstrasi yang menentang kebrutalan polisi, gaji buruk, dan minimnya kesempatan kaum muda untuk bekerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Protes yang dilakukan para pengunjuk rasa pun sampai berpengaruh pada pertandingan Copa Libertadores di Kolombia.

Selain itu, sejumlah pertandingan Piala Kontinental juga terpaksa dipindahkan dari Kolombia ke Paraguay dan Ekuador.

Kolombia sendiri telah mencoba menyiasati kondisi ini dengan mengirimkan proposal ke CONMEBOL agar Copa America tetap dapat berjalan di negara mereka.

Negeri asal Radamel Falcao itu memberikan permohonan di dalam proposal supaya turnamen diundur ke November.

Baca juga: Di Tengah Pandemi Corona, 2 Hal Unik Muncul dari Copa America

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X