Profil Ryuji Utomo, Pemain Serbabisa yang Matang di Luar Negeri

Kompas.com - 18/05/2021, 10:00 WIB
Aksi bek Persija, Ryuji Utomo, pada sesi seleksi Indonesia U-22 tahap ketiga di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, Banten, Kamis (9/3/2017). HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.netAksi bek Persija, Ryuji Utomo, pada sesi seleksi Indonesia U-22 tahap ketiga di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, Banten, Kamis (9/3/2017).

KOMPAS.com - Nama Ryuji Utomo masuk dalam daftar 28 pemain yang dipanggil pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk menjalani laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia plus dua uji coba di Dubai, Uni Emirat Arab.

Adapun, Ryuji saat ini sedang berkarier di luar negeri, tepatnya di Malaysia.

Pemain berusia 25 tahun itu resmi bergabung dengan klub Liga Super Malaysia, Penang FC, pada Desember tahun lalu.

Ryuji gabung Penang FC dengan status pemain pinjaman dari klub kontestan Liga 1, Persija Jakarta. Penang menjadi klub luar negeri ketiga yang dibela oleh Ryuji.

Meski usianya baru 25 tahun, pemain kelahiran Jakarta itu memang sudah kenyang pengalaman bermain di luar negeri.

Sebelum Penang FC, Ryuji pernah berkarier di Bahrain bersama Al Najma dan di Thailand ketika memperkuat PTT Rayong.

Baca juga: Profil Kushedya Hari Yudo, Penyerang Arema Idaman Shin Tae-yong

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perjalanan Karier Ryuji Utomo

Bakat besar Ryuji sudah ada sejak kecil. Saat masih duduk di bangku sekolah dasar, ia masuk ke akademi ASIOP.

Kemauan dan ketekunan membuat potensi Ryuji terus berkembang. Pada 2008, ia lolos seleksi timnas U-14 Indonesia untuk kejuaraan sepak bola pelajar.

Pada 2011, Ryuji mendapatkan kesempatan berharga bersama Sociedad Anonima Deportiva (SAD) Uruguay. Ia lolos seleksi dan berangkat ke Uruguay untuk menimba ilmu sepak bola di negara tersebut.

Bersama SAD Uruguay kemampuan Ryuji sebagai pemain belakang semakin terasah. Sebelumnya, ia sempat bermain di berbagai posisi pada saat masih di Sekolah Sepak Bola (SSB).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X