Profil Rachmat Irianto, Kapten Muda Pilar Lini Belakang Persebaya

Kompas.com - 17/05/2021, 21:45 WIB
Rachmat Irianto mencetak satu gol untuk Persebaya Surabaya pada Pekan 10 Liga 1 2019 melawan Tira Persikabo yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Minggu (21/07/2019) malam. KOMPAS.com/SUCI RAHAYURachmat Irianto mencetak satu gol untuk Persebaya Surabaya pada Pekan 10 Liga 1 2019 melawan Tira Persikabo yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Minggu (21/07/2019) malam.

KOMPAS.com - Komposisi lini belakang timnas Indonesia jelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab didominasi oleh pemain berusia muda.

Dari total delapan pemain belakang yang dibawa oleh pelatih Shin Tae-yong, terdapat sosok bek tengah asal Persebaya, Rachmat Irianto.

Penampilan menonjol dalam menggalang barisan pertahanan Persebaya, membuatnya dipercaya memegang jabatan sebagai kapten tim sejak musim kompetisi Liga 1 2020.

Status serupa juga didapat Rachmat Irianto dari pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam pemusatan skuad U-23 pada Maret 2021.

Usai laga uji coba menghadapi Tira Persikabo, Shin Tae-yong mengaku mempersiapkan Rachmat Irianto untuk menjadi kapten timnas U-23 di ajang SEA Games 2021 mendatang.

Rachmat Irianto sendiri sudah membela Persebaya, sebagai satu-satunya klub sepanjang kariernya sebagai pemain profesional sejauh ini, sejak 2016.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Profil Kushedya Hari Yudo, Penyerang Arema Idaman Shin Tae-yong

Sebelumnya, Rachmat Irianto menimba ilmu melalui gemblengan skuad Frenz United di Malaysia pada kurun waktu 2014-2016.

Kemudian, Rachmat Irianto kembali ke Tanah Air serta bergabung dengan klub anggota kompetisi internal Persebaya, Indonesia Muda.

Bakat sebagai pemain sepak bola didapat Rachmat Irianto dari sang ayah, Bejo Sugiantoro, yang juga pernah berkarier bersama Persebaya.

Sentuhan sang ayah dirasakan langsung oleh Rachmat Irianto hingga saat ini, sebab Bejo Sugiantoro merupakan asisten pelatih Persebaya pada musim kompetisi 2021.

Halaman:


Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X