Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Kushedya Hari Yudo, Penyerang Arema Idaman Shin Tae-yong

Kompas.com - 17/05/2021, 20:45 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

KOMPAS.com - Timnas senior Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong, mengandalkan sejumlah nama baru di lini serang jelang ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab.

Barisan penyerang yang dipanggil oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, terbilang minim pengalaman membela skuad Garuda di tingkat senior.

Salah satu penyerang tersebut adalah Kushedya Hari Yudo, yang saat ini membela klub peserta kompetisi Liga 1, Arema FC.

Sesuai dengan tugasnya sebagai penyerang atau seorang pemain yang bertugas untuk merusak pertahanan lawan dan mencetak gol, K H Yudo punya karakter kuat untuk lini depan skuad Garuda.

Adapun nama Kushedya Hari Yudo sejatinya tidak asing bagi pelatih Shin Tae-yong, yang menyertakannya dalam pemusatan latihan timnas U-22 di Jakarta hingga Maret 2021 lalu.

Dalam salah satu laga uji coba melawan Bali United, Kushedya Hari Yudo mencetak satu dari tiga gol kemenangan timnas U-22 dengan skor 3-1.

Penampilan ngotot yang ditunjukkan Kushedya Hari Yudo di lapangan, dianggap sesuai dengan karakter timnas Indonesia idaman Shin Tae-yong.

Baca juga: Profil Elkan Baggott, Bek Timnas Indonesia Kelahiran Thailand

Karakter bermain penuh energi dan keras dari Kushedya Hari Yudo, terbentuk dari perjalanan kariernya bersama sejumlah tim hingga bergabung dengan Arema FC.

Titik awal karier Kushedya Hari Yudo berawal dari keputusan meninggalkan akademi klub Arema, untuk bergabung dengan tim Persib U-21.

Setelah berpartisipasi dalam kompetisi kelompok usia Indonesia Super League (ISL), Kushedya Hari Yudo meniti karier dengan sejumlah klub asal Jawa Timur dan Bali.

Melansir dari berbagai sumber, klub yang pernah menjadi pelabuhan kariernya adalah Persewangi, PS Badung, Gresik United, dan Persekam Metro.

Hingga akhirnya, Kushedya Hari Yudo berhasil menunjukkan taji sebagai penyerang ketika membela Kalteng Putra di kancah Liga 2 Indonesia musim 2018.

Ketika itu, catatan gol Kushedya Hari Yudo bersama Kalteng Putra mencapai 14 buah sepanjang gelaran Liga 2 2018 sehingga menjadikannya penyerang ketiga paling produktif di akhir musim.

Lalu kesempatan untuk bergabung dengan PSS Sleman diambilnya Januari 2019, serta berhasil menyumbangkan lima gol dari 29 laga di pentas Liga 1 2019.

Catatan tersebut membuat Arema FC menariknya pulang pada Januari 2020, yang membuahkan sumbangsih dua gol dari tiga pertandingan Liga 1 musim 2020.

Sayangnya, ketika turun bermain sepanjang gelaran turnamen pramusim Piala Menpora 2021, Kushedya Hari Yudo belum mampu mencetak gol untuk Arema FC yang gugur di fase grup.

Baca juga: Profil Nadeo Argawinata, Kiper Timnas Indonesia Mirip Kepa Arrizabalaga

Biodata Singkat Kushedya Hari Yudo

  • Nama Lengkap: Kushedya Hari Yudo
  • Tempat/Tanggal Lahir: Malang, Indonesia/16 Juli 1993
  • Kebangsaan: Indonesia
  • Tinggi Badan: 173 cm
  • Kaki Dominan: Kanan
  • Posisi Bermain: Penyerang tengah, penyerang sayap
  • Karier Sepak Bola:
    • Persewangi (2013-2015; 2016)
    • PS Badung (2015-2016)
    • Gresik United (2016-2017)
    • Persekam Metro (2017-2018)
    • Kalteng Putra (2018-2019)
    • PSS Sleman (2019-2020)
    • Arema FC (2020-sekarang)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com