Kompas.com - 16/05/2021, 18:18 WIB
Balapan MotoGP dalam kondisi wet race Dok. Boxrepsol.comBalapan MotoGP dalam kondisi wet race

KOMPAS.com - Cuaca di sekitar venue tempat bergulirnya ajang balap MotoGP sangat mendapat sorotan dari tiap tim maupun rider.

Ketika cuaca panas, kondisi venue akan disebut dengan dry race. Sementara ketika hujan, lintasan akan basah dan dikenal dengan wet race.

Dua kondisi tersebut tentu bakal diantisipasi oleh pebalap maupun tim mereka. Sebab, riding gear maupun komponen motor ketika wet race akan berbeda dengan saat kondisi dry race.

Komponen yang Diganti

Risiko wet race juga lebih tinggi dibanding dengan dry race. Hal ini karena lintasan basah dan mengganggu grip atau tekanan ban.

Tak ayal jika komponen ban, baik depan maupun belakang, merupakan perihal yang paling berbeda antara balapan di kondisi wet race maupun dry race.

Melansir Gridoto, tipe ban dalam wet race akan menggunakan ban beralur. Berbeda dari dry race yang menggunakan tipe slick atau botak.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ban yang digunakan memiliki karakter kompon dan kontruksi lebih lunak alias lebih soft dari ban tipe slick, sehingga mampu mencengkram aspal lebih kuat lagi.

Ban yang dibuat beralur berguna untuk membuang air yang dilintasi dan terpenting ban dirancang untuk bisa menciptakan panas agar grip ban lebih baik.

Baca juga: Daftar Pemenang MotoGP Perancis, Digdaya Honda dan Yamaha

Selain ban, per shock depan juga diganti dengan karakter lebih lembut. Tujuannya agar sok depan mampu mentransfer bobot dab ban bisa mencipta panas serta mencengkram.

Komponen sok belakang juga biasanya diganti dengan tipe lebih lembut dengan tujuan yang sama seperti sok depan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X