Kompas.com - 16/05/2021, 18:00 WIB
Pemain Leicester City, James Maddison, merayakan gol ke gawang Liverpool pada lanjutan laga Liga Inggris, Sabtu (13/2/2021) malam WIB. AFP/Michael ReganPemain Leicester City, James Maddison, merayakan gol ke gawang Liverpool pada lanjutan laga Liga Inggris, Sabtu (13/2/2021) malam WIB.

KOMPAS.com - Nama julukan menyimpan potongan sejarah yang menjadi latar belakang pemberiannya, khususnya bagi sebuah klub sepak bola.

Begitu juga pada nama julukan yang diberikan kepada klub peserta kompetisi Liga Inggris, Leicester City, yakni The Foxes.

Klub ini semula terbentuk dengan nama Leicester Fosse pada 1884, sebelum akhirnya berpindah kandang dan mengganti nama pada 1919.

Adanya julukan The Foxes kemudian muncul hingga akhirnya digunakan dalam emblem resmi klub sejak 1948, seperti dilansir dari laman resmi Leicester City.

Lambang klub yang terpasang pada kostum pertandingan Leicester City sendiri terakhir mendapat penyegaran desain pada 2009.

Rancangan logo klub Leicester City saat ini masih mempertahankan gambar kepala rubah yang berada di tengah lingkaran berlatar belakang bunga Potentilla (Cinquefoil).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Skuad Leicester City 2020-2021, Pelanjut Dongeng Si Rubah

Pada tahun 2009 pula, Leicester City membuat logo khusus dengan aksen warna berbeda untuk memperingati perayaan hari jadi klub ke-125.

Ihwal pemakaian rubah (fox) dalam logo klub Leicester City, berawal dari wilayah Leicestershire yang dikenal sebagai lokasi perburuan binatang mamalia tersebut.

Kegiatan perburuan rubah, spesifiknya jenis rubah merah (Vulpes vulpes), di Inggris mulai populer pada akhir abad ke-17.

Bahkan keberadaan populasi rubah yang cukup banyak di wilayah Leicestershire, turut diabadikan dalam sejumlah nama daerah seperti kawasan desa Foxton.

Inspirasi serupa mengilhami pihak Leicester City untuk membuat karakter maskot bernama Filbert the Fox yang hadir dalam setiap laga kandang klub.

Baca juga: Vichai Srivaddhanaprabha, Pencipta Dongeng Indah Leicester City

Nama sang maskot merupakan gabungan dari perwujudannya sebagai rubah, serta lokasi kandang tim yakni Stadion King Power yang terletak di Filbert Way.

Filbert the Fox sudah mendampingi skuad Leicester City sepanjang 27 musim secara beruntun, termasuk ketika Leicester City meraih gelar juara kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League, pada 2015-2016.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X