Daftar Peraih El Pichichi, Gelar Pemain Tersubur Liga Spanyol

Kompas.com - 11/05/2021, 22:00 WIB
Bek Real Madrid Eder Militao (3), Casemiro (paling kanan), serta Lucas Vazquez menghalangi penyerang Barcelona Lionel Messi (tengah) dalam laga Liga Spanyol El Clasico Real Madrid vs Barcelona di Stadion Alfredo di Stefano pada 10 April 2021. AFP/JAVIER SORIANOBek Real Madrid Eder Militao (3), Casemiro (paling kanan), serta Lucas Vazquez menghalangi penyerang Barcelona Lionel Messi (tengah) dalam laga Liga Spanyol El Clasico Real Madrid vs Barcelona di Stadion Alfredo di Stefano pada 10 April 2021.

KOMPAS.com - El Pichichi menjadi gelar individu prestisius di Liga Spanyol. Trofi El Pichichi adalah gelar bagi pemain tersubur di kompetisi teratas Negeri Matador, La Liga.

Mengutip laman resmi La Liga, Trofi El Pichichi adalah penghargaan yang diberikan kepada pencetak gol terbanyak dalam satu musim Liga Spanyol.

Penghargaan tersebut diberikan oleh surat kabar ternama Spanyol, Marca.

Nama trofi "Pichichi" diambil dari nama mantan penyerang legendari Athletic Bilbao, Rafael Moreno Aranzadi, yang dijuluki Pichichi.

Baca juga: Apakah Kutukan Muntari untuk Juventus dan Buffon Benar-benar Ada?

Semasa hidupnya, Rafael Moreno Aranzadi yang membela Athletic Bilbao dari 1911 hingga 1922 dikenal sebagai penyerang tajam.

Selama berseragam Athletic Bilbao, ia mampu mencetak 83 gol dari 89 penampilan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rafael Moreno yang meninggal dunia pada 1922 mendapatkan julukan Pichichi karena tubuhnya yang dianggap lemah.

Meski begitu, berkat ketajamannya bersama Athletic Bilbao, Rafael "Pichichi" Moreno diakui sebagai salah satu pemain paling ikonik dalam sejarah sepak bola Spanyol.

Baca juga: Kenapa Ada Bendera Inggris di Logo AC Milan dan Barcelona?

Julukan tersebut kemudian diadopsi oleh Marca menjadi penghargaan untuk pencetak gol terbanyak La Liga mulai musim 1952-1953.

Pemain pertama yang dianugerahi trofi El Pichichi adalah Telmo Zarra yang pada musim 1952-1953 mampu menyumbang 24 gol bagi Athletic Bilbao.

Halaman:


Sumber La Liga
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X