Teknik Dasar Sepak Bola: Cara Menendang Bola dengan Kaki Bagian Luar

Kompas.com - 10/05/2021, 15:30 WIB
Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo melakukan tendangan saat mencetak gol ketiganya dalam pertandingan Serie A Liga Italia Cagliari vs Juventus pada 14 Maret 2021 di Sardegna Arena di Cagliari. AFP/ALBERTO PIZZOLIPenyerang Juventus Cristiano Ronaldo melakukan tendangan saat mencetak gol ketiganya dalam pertandingan Serie A Liga Italia Cagliari vs Juventus pada 14 Maret 2021 di Sardegna Arena di Cagliari.

KOMPAS.com - Sepak bola merupakan jenis olahraga yang digemari banyak orang. Sama seperti cabang olahraga lain, di dalam sepak bola juga terdapat berbagai teknik dasar.

Salah satu teknik dasar sepak bola yang sangat penting adalah menendang bola.

Dalam permainan sepak bola, menendang bola bisa dilakukan untuk mencetak gol atau memberikan umpan kepada rekan setim.

Tendangan yang bertujuan untuk menjebol gawang lawan disebut tembakan atau shooting.

Baca juga: Cara Melakukan Umpan Jauh dalam Sepak Bola

Dalam modul Aksi Cerdas Mencetak Gol (2018) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menembak atau menendang bola ke arah gawang lawan adalah tendangan yang dilakukan untuk mencetak gol.

Pemain yang melepaskan tembakan biasanya akan melakukan variasi-variasi tendangan gara peluang terciptanya gol lebih besar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada tiga teknik yang bisa digunakan untuk menendang bola yaitu menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan punggung kaki.

Kali ini akan dibahas teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar.

Baca juga: Gerak Tipu dalam Sepak Bola

Latihan menendang bola yang bertujuan untuk menembakkan bola dengan keras, tetapi arah bola sering kurang terkontrol merupakan cara menendang bola yang menggunakan kaki bagian luar.

Menendang bola menggunakan kaki bagian luar biasanya digunakan untuk mengecoh lawan khususnya kiper atau penjaga gawang.

Hasil dari tendangan kaki bagian luar membuat bola meluncur menyamping keluar dan melengkung sehingga bisa memperdaya kiper lawan. Sebab, laju bola menjadi sulit ditebak arahnya.

Baca juga: Mengenal Overlap Run dalam Sepak Bola

Cara Menendang Bola Menggunakan Kaki Bagian Luar

Pemain Timnas U-22 Indonesia Osvaldo Haay (tengah) menendang bola ke gawang Singapura dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Kamis (28/11/2019). Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 2-0.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Pemain Timnas U-22 Indonesia Osvaldo Haay (tengah) menendang bola ke gawang Singapura dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Kamis (28/11/2019). Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 2-0.

Berikut adalah tahapan menendang bola dengan menggunakan kaki bagian luar.

  1. Sikap awal adalah tubuh berada di belakang bola dengan posisi tegap.
  2. Posisi kaki terkuat (kaki untuk menendang bola) berada di belakang bola, sementara kaki satunya yang menjadi tumpuan berada di samping kaki penendang.
  3. Posisi kedua tangan ditekuk di samping badan. Gerakan tangan serasi dengan gerakan kaki untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  4. Tarik dan tekuk kaki penendang serta putar pergelangan kaki ke arah dalam.
  5. Ayunkan kaki penendang ke arah bola. Sisi kaki yang menyentuh bola adalah bagian luar. Arah ayunan kaki saat menendang sedikit menyerong ke dalam.
  6. Sikap akhir setelah melakukan tendangan adalah mengikuti gerakan lanjutan kaki penendang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X