Sejarah IPSI, Induk Olahraga Pencak Silat di Indonesia

Kompas.com - 09/05/2021, 22:40 WIB
Atlet pencak silat putri Indonesia, Wita Wewey (biru) bertanding melawan pesilat asal Vietnam, Tran Thi Them (merah) pada partai final kelas B putri 50 kg sampai 55 kg Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Wita Wewey berhasil meraih emas. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOAtlet pencak silat putri Indonesia, Wita Wewey (biru) bertanding melawan pesilat asal Vietnam, Tran Thi Them (merah) pada partai final kelas B putri 50 kg sampai 55 kg Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Wita Wewey berhasil meraih emas.

KOMPAS.com - Cabang bela diri pencak silat mempunyai sejarah panjang hingga berkembang sebagai salah satu olahraga yang berasal dari Indonesia.

Pencak silat menyebar luas melalui beragam perguruan yang memiliki aliran berbeda dari berbagai penjuru wilayah nusantara selama beberapa abad terakhir.

Berkembangnya cabang bela diri pencak silat belakangan menjadi tugas induk olahraga Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Munculnya organisasi induk pencak silat di Indonesia adalah terlebih dahulu diawali dengan penggabungan beragam aliran bela diri tersebut di Tanah Air.

Langkah menyatukan beragam aliran pencak silat dalam sebuah induk besar organisasi telah dimulai sejak era kolonialisme Belanda, tepatnya pada tahun 1922.

Ketika itu, wadah gabungan aliran pencak silat pertama berdiri di Subang, Jawa Barat dengan nama Perhimpunan Pencak Silat Indonesia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jenis-jenis Alat Pelindung dalam Pencak Silat

Tujuan berdirinya perhimpunan tersebut adalah menggabungkan aliran pencak dari wilayah Jawa Barat, sekaligus turunannya di berbagai wilayah.

Seperti dilansir dari laman resmi IPSI, gagasan pembentukan induk atau wadah cabang bela diri pencak silat muncul pada 1948.

Gagasan tersebut dimatangkan oleh Panitia Persiapan Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPPPSI), melalui deklarasi terbuka pada Mei 1948 di kota Surakarta, Jawa Tengah.

Melihat penjelasan tersebut, tahun terbentuknya IPSI adalah 1948 atau tepatnya tiga tahun setelah kemerdekaan Republik Indonesia.

Halaman:


Sumber IPSI
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X