Kompas.com - 09/05/2021, 15:20 WIB
Pebola voli Indonesia 1 Rivan Nurmulki melepaskan smes ke arah pebola voli Jepang pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2017). Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPebola voli Indonesia 1 Rivan Nurmulki melepaskan smes ke arah pebola voli Jepang pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2017). Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2.

KOMPAS.com - Olahraga bola voli membutuhkan perangkat pertandingan untuk memimpin dan mengatur jalannya permainan yang melibatkan dua buah tim di lapangan.

Perangkat pertandingan dalam olahraga bola voli terdiri dari lima orang, seperti dilansir dari buku peraturan resmi Federasi Bola Voli Internasional (FIVB).

Lima orang perangkat pertandingan tersebut terdiri dari wasit utama, wasit kedua, pencatat angka, serta dua orang hakim garis.

Jumlah hakim garis bola voli yang dibutuhkan dalam suatu pertandingan nasional atau internasional sebanyak dua orang, namun bisa bertambah hingga empat orang.

Hal itu terjadi jika dibutuhkan dalam sebuah kejuaraan tingkat internasional atau turnamen resmi di bawah naungan FIVB.

Masing-masing anggota perangkat pertandingan memiliki tugas serta peran berbeda dalam menentukan jalannya permainan bola voli.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, anggota perangkat pertandingan wajib menempati posisi sesuai dengan jabatannya di lapangan ketika permainan bergulir.

Baca juga: Peralatan Bola Voli

Tugas serta peran setiap anggota perangkat pertandingan atau wasit ditentukan oleh peraturan permainan bola voli dari FIVB sebagai berikut:

Wasit Utama

Jajaran perangkat pertandingan dipimpin oleh seorang wasit utama, yang berdiri di sisi lapangan dekat net dengan menghadap ke arah pencatat angka.

Bentuk keputusan yang tidak dapat diganggu gugat dalam pertandingan bola voli adalah keputusan dari wasit utama atau first referee.

Halaman:


Sumber FIVB
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X