Kenapa Liga Singapura, Filipina, dan Australia Tidak Ada Degradasi?

Kompas.com - 09/05/2021, 14:20 WIB
Pemain Persija Jakarta Marko Simic berebut bola dengan pemain Tampines Rovers pada laga kedua Grup H Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (28/2/2018). Persija menang telak dengan skor 4-1. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPemain Persija Jakarta Marko Simic berebut bola dengan pemain Tampines Rovers pada laga kedua Grup H Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (28/2/2018). Persija menang telak dengan skor 4-1.

KOMPAS.com - Sejumlah klub mengusulkan kompetisi tanpa degradasi untuk Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022. Usulan ini pun bakal dimintakan persetujuan pada Kongres Tahunan PSSI di Jakarta, 29 Mei mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi menyampaikan bahwa PSSI mengakomodasi usulan sebagian besar klub Liga 1 dan Liga 2 soal kompetisi tanpa degradasi.

"Bahwa Exco PSSI mengakomodasi surat permohonan dari sebagian besar klub Liga 1 dan Liga 2 tentang permohonan kompetisi tanpa degradasi, namun tetap ada promosi, juara Liga 1 dan juara Liga 2 tetap ada," kata Yunus, dikutip dari laman resmi PSSI.

Wacana kompetisi tanpa degradasi untuk musim 2021-2022 itu pun sontak menimbulkan pro dan kontra.

Dari kontestan Liga 1, Borneo FC Samarinda menjadi salah satu klub yang menolak kompetisi tanpa degradasi.

"Borneo FC ingin sepak bola yang jelas aturannya. Karena dengan tanpa degradasi, satu kemunduran sepak bola Indonesia," kata Presiden Klub Borneo FC Nabil Husein Said Amin, melalui unggahan di akun Instagram resmi klub.

Baca juga: Tolak Penghapusan Degradasi, Persipura Ingin Jaga Marwah Kompetisi

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbicara soal kompetisi tanpa degradasi, format ini sejatinya bukan hal baru di dunia sepak bola.

Di kawasan Asia Tenggara, ada tiga negara yang menggunakan format liga tanpa promosi dan degradasi yaitu Liga Singapura (Singapore Premier League), Liga Filipina (Philippines Football League), dan Liga Australia (A-League).

Masing-masing asosiasi sepak bola di ketiga negara tersebut memiliki pertimbangan sendiri kenapa menggelar kompetisi sepak bola tanpa ada promosi dan juga degradasi.

Liga Singapura

Singapore Premier League (SPL) menjadi kompetisi level teratas dan satu-satunya di Singapura.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X