Kompas.com - 08/05/2021, 17:20 WIB
Pemain tim nasional bola voli Indonesia (merah) berusaha memblok pukulan dari pemain Korea Selatan pada laga babak delapan besar Kejuaraan Bola Voli Putra Asia 2017, di GOR Tridharma, Gresik, Jawa Timur, Kamis (27/7/2017). JUARA.NET/TB KUMARAPemain tim nasional bola voli Indonesia (merah) berusaha memblok pukulan dari pemain Korea Selatan pada laga babak delapan besar Kejuaraan Bola Voli Putra Asia 2017, di GOR Tridharma, Gresik, Jawa Timur, Kamis (27/7/2017).

KOMPAS.com - Olahraga bola voli menjadi contoh permainan menggunakan bola besar yang dilakukan secara beregu oleh enam orang pemain dalam sebuah tim.

Untuk memainkan cabang olahraga bola voli terdapat dua tim yang saling berhadapan untuk mencetak angka sebanyak mungkin untuk menjadi pemenang.

Mengutip buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) oleh Winarno dan kawan-kawan, sejarah bola voli berawal dari permainan mintonette di Amerika Serikat.

Permainan tersebut membutuhkan tiga peralatan utama yakni lapangan, net, dan bola tanpa memiliki batasan jumlah pemain.

Tujuan permainan mintonette adalah untuk menjaga pergerakan bola agar tetap berada atau melintasi bagian atas jaring (net).

Seiring adaptasi serta perkembangan yang dilakukan, ketiga unsur alat dari olahraga mintonette lantas menjadi peralatan tetap dan wajib dari olahraga bola voli.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pertahanan dalam Bola Voli

Hanya, peralatan cabang olahraga bola voli harus memenuhi syarat ukuran atau jumlah sesuai regulasi resmi dari Federasi Bola Voli Internasional (FIVB).

Lapangan Permainan

Wilayah permainan bola voli memiliki bentuk persegi panjang dan dibagi menjadi dua bagian sama luas untuk masing-masing tim.

Ukuran lapangan wilayah bermain bola voli memiliki panjang 18 meter dan lebar 9 meter, yang dibatasi dengan garis berukuran 5 cm pada tiap sisinya.

Permukaan lapangan harus dalam kondisi rata, setara di tiap sisinya, dengan tidak menimbulkan potensi cedera bagi setiap pemain.

Halaman:


Sumber FIVB
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X