Kompas.com - 08/05/2021, 06:40 WIB
Bek Spanyol Real Madrid Sergio Ramos (belakang) menantang penyerang Argentina Elche Guido Carrillo selama pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara Real Madrid dan Elche di stadion Alfredo Di Stefano di Valdebebas, timur laut Madrid, pada 13 Maret 2021. GABRIEL BOUYSBek Spanyol Real Madrid Sergio Ramos (belakang) menantang penyerang Argentina Elche Guido Carrillo selama pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara Real Madrid dan Elche di stadion Alfredo Di Stefano di Valdebebas, timur laut Madrid, pada 13 Maret 2021.

KOMPAS.com - Permainan bola dalam kegiatan olahraga dibagi menjadi dua yaitu, permainan bola besar dan kecil. Pada artikel ini akan membahas mengenai permainan bola besar.

Mengutip buku Mengenal Permainan Olahraga Bola Besar (2019), karya Sendang Sri Widiastuti, S.Pd, permainan bola besar adalah salah satu cabang olahraga yang dilakukan secara berkelompok dengan bantuan alat utama berupa bola berdiameter lebih dari 50 cm.

Tujuan dari permainan bola besar adalah menjaga stamina tubuh agar tetap sehat serta membangun kepribadian diri menjadi lebih baik, mental yang kuat dan kedisiplinan.

Macam-macam Permainan Bola Besar

Baca juga: Mengenal Peran Gelandang Box-to-Box

Berikut adalah beberapa contoh permainan bola besar:

Sepak bola merupakan salah satu olahraga menggunakan bola besar terpopuler di dunia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang digemari banyak orang di sejumlah negara di dunia termasuk Indonesia.

Ukuran bola yang digunakan oleh pertandingan sepak bola kategori dewasa atau berusia 12 tahun ke atas memiliki lingkar 68 hingga 70 cm (sentimeter).

Lingkar bola untuk permainan sepak bola usia dini atau anak-anak di bawah 12 tahun bisa berukuran lebih kecil.

Berat bola untuk permainan sepak bola sesuai standar FIFA adalah 410 hingga 450 gram, yang bisa diukur pada awal pertandingan.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Treble Winner?

Adapun, tekanan udara pada sebuah bola sepak sesuai ketentuan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), harus mencapai 1 satuan atmosfer (atm) atau sekitar 14,7 psi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X