Kompas.com - 07/05/2021, 10:00 WIB
Paul Pogba (kiri) berduel dengan Fernandinho (kanan) pada laga pekan ke-12 Liga Inggris yang mempertemukan Man United vs Man City di Stadion Old Trafford, Sabtu (12/12/2020). AFP/ PHIL NOBLEPaul Pogba (kiri) berduel dengan Fernandinho (kanan) pada laga pekan ke-12 Liga Inggris yang mempertemukan Man United vs Man City di Stadion Old Trafford, Sabtu (12/12/2020).

KOMPAS.com - Di dalam permainan sepak bola, ada posisi yang berfungsi sebagai jantung permainan, yaitu pemain tengah.

Pemain tengah dalam permainan sepak bola disebut juga dengan istilah gelandang dalam Bahasa Indonesia. Posisi gelandang bertujuan untuk mengkreasikan serangan sekaligus memotong aliran bola lawan.

Gelandang, atau juga disebut midfielder secara universal, dituntut memiliki kemampuan seimbang dalam hal tekel, menggiring bola, mengoper, hingga melakukan tendangan ke gawang.

Oleh karena itu, dalam posisi gelandang terdapat peran spesifik didalamnya.

Baca juga: Golden Goal, Peraturan yang Pernah Hadir di Sepak Bola

Salah satu posisi spesifik midfielder dalam permainan sepak bola adalah gelandang bertipikal box-to-box.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa itu gelandang box-to-box?

Dilansir dari Sportskeeda, box-to-box midfielder adalah gelandang yang efektif baik dalam membantu penyerangan maupun membantu pertahanan.

Pengertian sederhananya adalah pemain yang berperan sebagai gelandang box-to-box merupakan pemain yang bisa menyerang dan bertahan sama baiknya.

Baca juga: Apa Itu Total Football?

Sosok gelandang dengan peran box-to-box midfielder biasanya memiliki kemampuan mumpuni dalam hal stamina bermain, mengontrol bola, melakukan tekel, dan melakukan tembakan ke gawang.

Ciri seorang pemain dengan tugas sebagai box-to-box midfielder terlihat ketika sedang melakukan upaya merebut bola dari pemain lawan, kemudian langsung terlibat membangun serangan dalam waktu singkat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X