Kompas.com - 05/05/2021, 20:40 WIB
Atlet lompat jauh putra China Zhang Yaoguang melakukan loncatan pada final lompat jauh putra 18th Asian Games Invitation Tournament di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (12/1/2018). KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGAtlet lompat jauh putra China Zhang Yaoguang melakukan loncatan pada final lompat jauh putra 18th Asian Games Invitation Tournament di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (12/1/2018).

KOMPAS.com - Nomor perlombaan lompat jauh dalam atletik menuntut seorang atlet mencatatkan titik mendarat terjauh pada area bak pasir sebagai landasan tujuan.

Sebagai bekal mencatatkan capaian terbaik, seorang pelompat harus menguasai teknik dasar dalam empat tahapan gerakan olahraga lompat jauh.

Empat tahapan tersebut adalah langkah awalan, gaya tolakan, sikap berada di udara, maupun teknik mendarat di bak pasir.

Momentum seorang pelompat ketika berada di udara selama beberapa saat ketika melakukan lompat jauh disebut sebagai sikap di udara (flying in the air).

Tahapan ini bisa menjadi persiapan seorang pelompat menempatkan tubuh secara optimal menuju titik sasaran sebelum mendarat.

Dilansir dari laman Greatest Sporting Nation, saat melayang di udara seorang pelompat bisa mengubah posisi tubuh seperti mengangkat kaki atau merentangkan lengan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Peraturan Dasar Lompat Jauh

Adapun tahapan sikap di udara memiliki tiga macam gaya yang digunakan sehingga seorang pelompat untuk menghasilkan jarak lompatan yang jauh.

Gaya atau teknik fase sikap di udara menurut laman My Active SG, adalah stride jump, hang style, dan hitch kick.

Bentuk gaya menggantung atau hang style termasuk yang banyak digunakan oleh seorang atlet ketika turun berlomba di nomor lompat jauh.

Ciri dari gaya menggantung pada lompat jauh terlihat dari posisi badan dalam keadaan tegap ketika bertolak dari papan tolakan, kemudian mengangkat tangan ke atas dan menekuk kaki ke arah belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X