Kompas.com - 04/05/2021, 12:20 WIB
Atlet Indonesia, Maria Londa saat tampil pada babak final lompat Jauh Putri Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (27/8/2018). Maria Londa gagal meraih medali emas. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGAtlet Indonesia, Maria Londa saat tampil pada babak final lompat Jauh Putri Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (27/8/2018). Maria Londa gagal meraih medali emas.

KOMPAS.com - Lompat jauh atau long jump merupakan jenis olahraga yang begitu populer dan dipertandingkan pada Olimpiade.

Lompat jauh menjadi salah satu nomor lompat dalam cabang olahraga atletik yang dipertandingkan pada Olimpiade bersama lompat tinggi, lompat galah, dan lompat jangkit.

Tak hanya di Olimpiade, lompat jauh juga dipertandingkan pada pesta olahraga multicabang lainnya seperti Asian Games atau Kejuaraan Dunia Atletik.

Selain menjadi cabang olahraga prestasi, lompat jauh juga masuk dalam materi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang diajarkan di sekolah-sekolah.

Baca juga: Lompat Jauh: Teknik Dasar, Peraturan, dan Sejarah dalam Atletik

Sama seperti olahraga lain, lompat jauh juga memiliki peraturan.

Secara umum, ada dua peraturan dalam lompat jauh yaitu peraturan tempat atau lapangan dan peraturan dasar.

Peraturan Lapangan Lompat Jauh

Berikut adalah peraturan lapangan lompat jauh dikutip dari modul Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (2020) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  • Panjang lintasan hingga papan tumpuan: 45 meter
  • Lebar lintasan: 1,22 meter
  • Jarak papan tumpuan pada bak lompat adalah 1 meter dengan ukuran panjang 1,22 meter dan lebar 20 sentimeter serta ketebalan 10 sentimeter.
  • Panjang bak lompat: 10 meter
  • Lebar bak lompat: 2,75 meter

Atlet lompat jauh putri Indonesia, Maria Londa bertanding saat final Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Senin (27/8/2018). Ia gagal meraih medali.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Atlet lompat jauh putri Indonesia, Maria Londa bertanding saat final Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Senin (27/8/2018). Ia gagal meraih medali.

Baca juga: 4 Langkah Melakukan Lompat Jauh

Peraturan Dasar Lompat Jauh

Berikut adalah peraturan lompat jauh, dikutip dari KOMPAS.com Skola.

  1. Jika peserta atau pelompat lebih dari delapan orang, maka setiap pelompat diberikan tiga kali kesempatan untuk melakukan lompatan. Jika peserta berjumlah delapan orang atau kurang, maka kesempatan melompat yang diberikan adalah enam kali.
  2. Saat akan melompat harus dipastikan untuk tidak melewati batas depan dari garis pelanggaran. Jika ada satu bagian kaki yang menyentuh garis pelanggaran atau foul line, maka akan dianggap sebagai pelanggaran dan jaraknya tidak akan dicatat.
  3. Jarak lompatan dihitung dari bagian tubuh pertama yang menyentuh tanah, baik tangan maupun kaki. Sehingga, dalam lompat jauh jika tangan jatuh ke belakang saat mendarat artinya titik tangan tersebut yang akan dihitung dari tolakan.
  4. Jika melakukan lompatan dengan jarak yang cukup jauh dari papan atau bagian depan foul line, jarak yang dihitung adalah tetap dari foul line hingga posisi pendaratan di bak pasir.
  5. Tidak diperbolehkan untuk melakukan gerakan jungkir balik saat melakukan lompatan atau mendarat di bak pasir.
  6. Ketebalan maksimum sol sepatu yang boleh untuk digunakan adalah 13 milimeter.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X