Kompas.com - 04/05/2021, 11:20 WIB
Ilustrasi jogging, lari pagi, olahraga ShutterstockIlustrasi jogging, lari pagi, olahraga

KOMPAS.com - Lingkup kegiatan setiap individu memakan waktu serta energi baik dalam skala kecil seperti istirahat hingga bekerja dengan beban berat.

Bentuk kegiatan fisik beragam memicu pengeluaran energi akibat gerakan tubuh pada otot atau rangka secara bergantian pada setiap aktivitas.

Kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya, seperti bekerja sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan dan masih dapat menikmati waktu luangnya adalah pengertian dari kebugaran jasmani.

Seperti dikutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2016) oleh Asep Kurnia Nenggala, kebugaran jasmani menentukan kemampuan tubuh untuk melakukan tugas dan pekerjaan sehari-hari.

Makin tinggi derajat kebugaran jasmani seseorang, maka terdapat kemungkinan kemampuan kerja fisik dengan tingkat lebih tinggi.

Baca juga: Kebugaran Jasmani yang Berhubungan dengan Keterampilan

Tingkat kebugaran jasmani bisa menurun apabila seseorang melakukan kerja fisik dengan intensitas berat dalam jangka waktu cukup lama.

Namun, tingkat kebugaran jasmani maupun kemampuan fisik dalam menerima beban dapat dilatih secara rutin agar meningkat atau terjaga dengan baik.

Sebaliknya kondisi kebugaran jasmani bisa menurun, apabila intensitas kegiatan fisik menurun atau melakukan aktivitas dengan minim pergerakan otot dan rangka.

Aktivitas berikut yang berpotensi menurunkan kebugaran tubuh adalah menghabiskan waktu dengan duduk di depan layar komputer maupun televisi dalam jangka waktu lama atau bergadang.

Baca juga: Profil Antonio Conte, Pelatih yang Bawa Inter Akhiri 11 Tahun Puasa Gelar Liga Italia

Latihan fisik untuk menjaga kebugaran jasmani bisa dilakukan berdasarkan unsur-unsur yang dibutuhkan untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Halaman:


Sumber Kemdikbud
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X