Mengenal Proliga, Kompetisi Kasta Tertinggi Bola Voli di Indonesia

Kompas.com - 28/04/2021, 17:00 WIB
Pertandingan seri kedua putaran kedua Proliga 2019 antara Jakarta Pertamina Energi (jersey putih) dan Jakarta Elektrik PLN, di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Riau, Jumat (18/1/2019). PROLIGAPertandingan seri kedua putaran kedua Proliga 2019 antara Jakarta Pertamina Energi (jersey putih) dan Jakarta Elektrik PLN, di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Riau, Jumat (18/1/2019).

KOMPAS.com - Perkembangan sebuah cabang olahraga membutuhkan adanya kompetisi atau kejuaraan yang rutin digelar, begitu juga dengan cabang permainan bola voli.

Gagasan untuk membentuk kompetisi profesional bola voli di tingkat nasional dimunculkan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) pada 2002.

Kompetisi bola voli profesional Indonesia yang diikuti oleh beberapa klub tersebar di seluruh Indonesia adalah Proliga.

Ajang kompetisi profesional Proliga edisi perdana dihelat pada Februari hingga April 2002, yang berujung pada partai puncak di Jakarta.

Penyelenggaraan kompetisi bola voli Proliga sendiri terbagi ke dalam dua kategori, yakni tim putra maupun putri.

Trofi juara kompetisi bola voli Proliga edisi perdana diraih oleh tim putra Palembang Bank Sumsel Babel, sedangkan titel kategori putri direbut Bandung Bank BJB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apa yang Dimaksud Sistem Rally Point dalam Bola Voli?

Seperti dilansir dari laman resmi PBVSI, kompetisi Proliga diharapkan membawa manfaat berupa regenerasi serta wadah mengasah kemampuan pemain di tingkat nasional.

Berjalannya kompetisi bola voli secara rutin juga menjadi bagian dari persiapan tim nasional untuk tampil di kancah internasional.

Ajang kompetisi bola voli Proliga juga membuka kesempatan bagi setiap tim untuk mendatangkan pemain asing, yang bisa meningkatkan kualitas teknik permainan setiap tim.

Hadirnya pemain asing dengan kualitas baik, dapat memicu transfer ilmu maupun pengalaman sehingga menambah kapasitas kemampuan pemain lokal.

Musim kompetisi Proliga sendiri terakhir digelar pada 2020, dengan rangkaian enam seri dalam dua putaran tanpa babak final.

Terdapat masing-masing enam tim kategori putra dan lima tim kategori putri yang menjadi peserta kompetisi Proliga musim 2020.

Baca juga: Teknik Dasar Blok dalam Bola Voli

Hingga data terakhir pada April 2021, gelar juara terbanyak kategori putra masih dipegang oleh tim Surabaya Samator.

Sementara raihan titel juara kompetisi Proliga kategori putri dengan koleksi terbanyak dimiliki oleh tim Jakarta Elektrik PLN.



Sumber PBVSI
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X