Kompas.com - 27/04/2021, 16:40 WIB
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, saat beraksi dalam ajang Formula 1 2021 GP Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain pada Minggu 28 Maret 2021. GIUSEPPE CACACEPebalap Mercedes, Lewis Hamilton, saat beraksi dalam ajang Formula 1 2021 GP Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain pada Minggu 28 Maret 2021.

KOMPAS.com - Formula 1 (F1) resmi memperkenalkan format kualifikasi baru yang disebut Sprint Qualifying setelah dicapainya kesepakatan antara FIA, Formula 1, dan 10 tim peserta.

Melansir laman resmi Formula 1, Selasa (27/4/2021), format Sprint Qualifying bakal dijajal pada tiga seri balap Grand Prix musim ini.

Formula 1 menyebutkan, dua seri di Eropa dan satu di luar Benua Biru akan menjadi tuan rumah pelaksanaan format baru tersebut dengan venue bakal diumumkan lebih lanjut.

Selama ini, format akhir pekan lomba atau race weekend F1 adalah tiga sesi latihan bebas (Free Practice/FP), tiga babak Kualifikasi (Q1-Q3), dan balapan penuh.

Dua sesi FP biasanya digelar pada Jumat dan satu lagi pada Sabtu menjelang Kualifikasi. Durasi setiap FP adalah 60 menit.

Baca juga: Hasil F1 GP Emilia Romagna 2021: Hamilton Sempat Keluar Lintasan, Verstappen Juara

Adapun, sesi Kualifikasi dilangsungkan pada Sabtu dan dibagi menjadi tiga babak yakni babak eliminasi (Q1 dan Q2) serta satu babak (Q3) untuk penentuan posisi 10 teratas saat start. Kemudian pada Minggu adalah hari balapan atau race day Grand Prix.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan diperkenalkannya Sprint Qualifying, format akhir pekan lomba pada F1 bakal berubah.

Presiden dan CEO F1, Stefano Domenicali, berharap dengan adanya format baru ini akhir pekan lomba akan lebih menarik.

"Kami antusias dengan kesempatan baru yang akan membawa penggemar kami pada akhir pekan lomba yang lebih menarik pada 2021," kata Domenicali, dilansir dari BolaSport.com.

"Melihat pebalap bersaing selama tiga hari akan menjadi pengalaman yang menakjubkan dan saya yakin para pebalap akan menikmatinya," imbuh Domenicali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X