Kisah F4 Bulu Tangkis Dunia: Taufik Hidayat, Lin Dan, Lee Chong Wei, dan Peter Gade

Kompas.com - 26/04/2021, 06:40 WIB
Para legenda bulu tangkis dunia, Peter Gade (Denmark), Taufik Hidayat (Indonesia), Lee Chong Wei (Malaysia), dan Lin Dan (China), berada di panggung saat talk show The Legends' Visions di Birmingham, Inggris, Senin (7/3/2016). SURYO AGUNGPara legenda bulu tangkis dunia, Peter Gade (Denmark), Taufik Hidayat (Indonesia), Lee Chong Wei (Malaysia), dan Lin Dan (China), berada di panggung saat talk show The Legends' Visions di Birmingham, Inggris, Senin (7/3/2016).

KOMPAS.com - Bagi pecinta olahraga bulu tangkis, pasti pernah mendengar sebutan Famous Boys (F4) untuk empat tunggal putra dunia yang melegenda.

Empat tunggal putra bulu tangkis dunia yang mendapat julukan F4 adalah Taufik Hidayat (Indonesia), Peter Gade Christensen (Denmark), Lee Chong Wei (Malaysia), dan Lin Dan (China).

Mereka berempat mendapat julukan F4 karena dianggap tampil mendominasi kejuaraan bulu tangkis di era 2000-an.

Persaingan mereka berempat dalam waktu cukup lama telah mampu menghibur pecinta bulu tangkis dunia.

Baca juga: Asal-usul Bulu Tangkis

Persaingan ketat Peter Gade, Taufik Hidayat, Lee Chong Wei, dan Lin Dan terjadi pada awal 2000-an.

Pada masa emas mereka, rivalitas empat pebulu tangkis tunggal putra tersebut terbilang sangat ketat dalam berbagai turnamen. Mereka silih berganti lolos ke partai puncak dan menjadi juara.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka bahkan naik podium Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2005 di Anaheim, California, Amerika Serikat.

Kala itu, Taufik Hidayat keluar sebagai juara setelah mengalahkan Lin Dan.

Baca juga: Peraturan Bulu Tangkis Nomor Ganda

Sementara Peter Gade dan Lee Chong Wei kompak menerima medali perunggu.

Akan tetapi, dalam dunia olahraga setiap generasi pasti ada masanya, begitu pula juga dengan era emas F4 di dunia bulu tangkis.

Halaman:


Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X