Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Jesse Lingard, Bangkit bersama West Ham Usai Tersisih di Man United

Kompas.com - 25/04/2021, 10:40 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber GOAL

KOMPAS.com - Jesse Lingard merupakan salah satu pemain paling on fire di pentas Premier League saat ini. Gelandang serang berusia 28 tahun itu tampil memikat bersama West Ham United.

Jesse Lingard bergabung dengan West Ham pada bursa transfer Januari 2021. The Hammers memboyong Lingard dengan status pinjaman dari Manchester United.

Sebelum pindah ke West Ham, Lingard memang tak banyak mendapatkan kesempatan bermain di Man United sejak awal musim 2020-2021.

Ia cuma membukukan tiga penampilan yakni satu pada ajang Piala FA dan dua lainnya di pentas Piala Liga Inggris.

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, tak memberikan kesempatan bermain bagi Lingard di Premier League, kompetisi teratas Liga Inggris.

Baca juga: West Ham Vs Leicester, Lingard Terus Berkarya di Tengah Masa Pinjaman

Man United kemudian meminjamkan Jesse Lingard ke West Ham. Pemain kelahiran Warrington itu pun bereuni dengan eks manajer Setan Merah, David Moyes.

Tak disangka, Jesse Lingard tampil menggila bersama West Ham.

Pada pertandingan debut bersama West Ham, Lingard mencetak dua gol dan membantu The Hammers mengalahkan Aston Villa dengan skor 3-1.

Sejak saat itu, performa apik Lingard bersama West Ham terus berlanjut. Hingga Premier League memasuki pekan ke-33, ia sukses membukukan sembilan gol plus empat assists.

Catatan sembilan gol dan empat assists dari 11 penampilan bersama West Ham tersebut merupakan catatan terbaik Jesse Lingard di Premier League.

Kebangkitan Lingard saat ini diraih dengan perjuangan keras. Ia mengaku, tahun lalu sempat berniat beristirahat dari sepak bola karena persoalan kesehatan mental.

Baca juga: Profil Irfan Jaya, dari Tarkam hingga Bawa PSS Juara 3 Piala Menpora

"Tidak berhenti dari sepak bola, hanya ingin istirahat," ungkap Jesse Lingard beberapa waktu lalu, dikutip Goal International.

"Saat itu, saya pergi ke pertandingan dengan senang hati ketika duduk di bangku cadangan dan itu bukan saya. Saya tidak ingin bermain karena pikiran saya tidak ada di sana, saya tidak fokus sama sekali," imbuhnya.

"Saya sedang memikirkan hal-hal lain. Rasanya Anda bukan orang yang sama. Saya merasa seperti bukan Jesse Lingard," kata pemain jebolan akademi Manchester United tersebut.

Pemain West Ham United, Jesse Lingard, dibayangi oleh dua pemain Tottenham Hotspur pada laga Liga Inggris yang berlangsung di Stadion London, Minggu (21/2/2021) malam WIB. AFP/NEIL HALL Pemain West Ham United, Jesse Lingard, dibayangi oleh dua pemain Tottenham Hotspur pada laga Liga Inggris yang berlangsung di Stadion London, Minggu (21/2/2021) malam WIB.

Kini, Jesse Lingard berhasil bangkit. Keputusannya pindah ke West Ham terbukti merupakan pilihan tepat.

Performa apik Lingard bersama West Ham pun berbuah panggilan ke timnas Inggris untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Terakhir kali Lingard membela timnas Inggris adalah pada 2018. Comeback ke timnas, ia pun berhasil mencetak satu assist ketika Inggris melibas San Marino di Stadion Wembley, akhir Maret lalu.

Baca juga: Lingard Comeback di Timnas Inggris, Gemilang dan Dapat Nilai Tertinggi

Biodata Jesse Lingard

Nama lengkap: Jesse Ellis Lingard
Tempat, tanggal lahir: Warrington, 15 Desember 1992
Usia: 28 tahun
Kewarganegaraan: Inggris
Posisi: Gelandang serang, sayap
Tinggi badan: 175 cm
Kaki dominan: Kanan
Klub saat ini: West Ham United
Nomor punggung: 11
Karier klub:

  • 2011-sekarang - Manchester United
  • 2012-2013 - Leicester City (pinjam)
  • 2013-2014 - Birmingham City (pinjam)
  • 2014 - Brighton & Hove Albion (pinjam)
  • 2015 - Derby County (pinjam)
  • 2021-sekarang - West Ham (pinjam)

Karier timnas:

  • 2016-sekarang - Inggris
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GOAL
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com