Kompas.com - 24/04/2021, 15:00 WIB
Atlet tenis meja putra Indonesia, Dian David Mickael Jacobs (kiri), mengembalikan bola ke arah rekan satu negara, Komet Akbar, dalam final tenis meja putra SM10 di Pusat Pameran dan Dagangan Antarabangsa Malaysia (MITEC), Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (23/9). Dian David Mickael Jacobs menyabet medali emas setelah menang 3-1 (11-9, 11-9, 9-11, 11-8). ANTARA/RAFIUDDIN ABDUL RAHMAN - DOK, KOMPAS, 24 September 2017Atlet tenis meja putra Indonesia, Dian David Mickael Jacobs (kiri), mengembalikan bola ke arah rekan satu negara, Komet Akbar, dalam final tenis meja putra SM10 di Pusat Pameran dan Dagangan Antarabangsa Malaysia (MITEC), Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (23/9). Dian David Mickael Jacobs menyabet medali emas setelah menang 3-1 (11-9, 11-9, 9-11, 11-8).

KOMPAS.com - Memegang bet merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh petenis meja. Sebab, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap hasil pukulan dengan bet.

Dikutip dari Megaspin, secara garis besar cara memegang bet dalam tenis meja dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu shakehand grip, penholder grip, dan seemiller grip atau american grip.

Pada artikel ini akan membahas teknik memegang bet tenis meja seperti menjabat tangan atau yang dinamakan dengan teknik shakehand grip atau kerap dikenal juga dengan istilah shakeholder.

Baca juga: Teknik Pukulan Spin dalam Tenis Meja

Mengutip dari Sejarah, Teknik & Variasi Latihan Pingpong (Tenis Meja) karya Guntur Firmansyah dan Didik Hariyanto, shakehand grip adalah pegangan yang dilakukan seperti layaknya orang yang sedang berjabat tangan.

Teknik pegangan shakeholder sering digunakan oleh para pemain pada umumnya khususnya di negara-negara Eropa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keefektifan pegangan ini terlihat pada kestabilan pertahanan dan penyerangan saat bermain.

Teknik pegangan ini menghasilkan pukulan yang kuat dan keras.

Baca juga: Teknik Pukulan Push dalam Tenis Meja

Pada prinsip gerakan memegang bet dengan cara shakehand grip, posisi bet untuk pukulan forehand adalah putar bagian atas bet ke arah pemain.

Berikut adalah cara memegang bet tenis meja shakehand grip:

  1. Posisikan tangan seperti saat akan berjabat tangan.
  2. Letakkan jari kelingking, jari manis dan jari tengah dalam posisi melingkar di bagian pegangan bet.
  3. Posisi jari telunjuk yang benar dalam teknik pegangan shakeholder adalah berada di tepi karet atau di pinggir permukaan belakang bet. Namun, pegangan bet juga harus terselip di antara jari telunjuk dan juga ibu jari.
  4. Antara ibu jari serta jari telunjuk membentuk huruf 'V', namun keduanya menempel pada pegangan dan bagian kepala bet.

Baca juga: Peraturan Servis dalam Tenis Meja

Adapun, dalam permainan tenis meja teknik shakehand grip dibagi menjadi dua jenis, yaitu shallow shakehand dan deep shakehand.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.