Kompas.com - 24/04/2021, 11:24 WIB
Petinju Inggris, Anthony Joshua (kiri), melancarkan pukulan ke arah petinju Ukraina, Wladimir Klitschko, pada ronde keempa pertandingan kelas berat di Wembley Stadium, London, Sabtu (20/4/2017). BEN STANSALL/AFP PHOTOPetinju Inggris, Anthony Joshua (kiri), melancarkan pukulan ke arah petinju Ukraina, Wladimir Klitschko, pada ronde keempa pertandingan kelas berat di Wembley Stadium, London, Sabtu (20/4/2017).

KOMPAS.com - Gerakan memukul atau teknik pukulan menjadi inti dalam cabang olahraga tinju yang digelar di atas ring.

Pukulan dalam cabang olahraga tinju dimaksudkan untuk memperoleh angka hingga menjatuhkan lawan untuk meraih kemenangan.

Ragam teknik pukulan dalam olahraga tinju bisa digunakan untuk menyerang secara langsung, atau sebagai kombinasi gerakan demi meraih angka.

Masing-masing petinju biasanya menguasai dan menggunakan salah satu teknik pukulan sebagai ciri khas hingga mampu menjatuhkan lawan.

Terdapat empat teknik dasar pukulan dalam tinju yakni jab, cross, hook, dan uppercut yang memiliki ciri khusus.

Seperti dilansir dari laman Punch Fit, setiap pukulan memiliki gerakan dan tujuan berbeda ketika digunakan oleh seorang petinju.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Legenda Tinju Indonesia Albert Papilaya Meninggal Dunia

  • Jab

Teknik jab dalam olahraga tinju merupakan pukulan mengarah lurus ke wajah lawan dengan jangkauan pendek dan cepat.

Umumnya seorang petinju melancarkan pukulan jab untuk membangun jarak dengan lawan, mengawali serangan, atau sebagai bentuk awal kombinasi dengan pukulan lain.

Serangan dengan pukulan jab terbilang efektif untuk mengagetkan lawan, karena tidak membutuhkan kekuatan besar dan momentum yang cepat ketika dilakukan.

  • Cross

Terdapat kesamaan antara pukulan jab dan cross, yakni mengarah lurus ke arah lawan di sekitar wilayah dagu atau bagian di bawahnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.