Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2021, 06:40 WIB
Kevin Topan Kristianto

Penulis

KOMPAS.com - Heading adalah teknik dasar sepak bola yang artinya menyundul bola.

Teknik dasar gerakan menyundul bola dengan kepala dilakukan pemain untuk menggapai bola di udara dengan ketinggian yang tidak bisa digapai dengan kaki.

Tujuan menyundul bola dalam permainan sepak bola adalah untuk mengumpan, mencetak gol, dan untuk mematahkan serangan lawan atau membuang bola.

Dalam dunia sepak bola, teknik menyundul bola bisa jadi petaka, bisa juga jadi peluang.

Baca juga: Tugas Kiper dalam Sepak Bola

Sebab, banyak gol tercipta secara langsung atau tidak langsung dari duel di udara dengan menggunakan kepala.

Mencetak gol langsung dengan menggunakan kepala terbilang sulit karena untuk bisa menyundul bola pemain perlu mengatur posisi badan dan waktu yang tepat untuk melompat.

Kendati demikian, masih banyak pemain yang mampu mencetak gol dengan sundulan kepalanya, seperti legenda sepak bola asal Belanda, Robin van Persie.

Sewaktu membela timnas Belanda di Piala Dunia 2014, Van Persie berhasil mencetak gol indah melalui sundulan kepala.

Baca juga: Mengenal Aturan Offside dalam Sepak Bola

Van Persie mencetak gol dengan menggunakan teknik dasar menyundul bola saat timnas Belanda melumat Spanyol dengan skor 5-1.

Golnya itu tercipta pada menit ke-44, saat Daley Blid mengirimkan umpan silang jauh dari pinggri kiri lapangan dengan bola melayang menuju kotak penalti di mana Van Persie menanti.

Tidak diduga, Van Persie terlihat seperti terbang saat melakukan sundulan itu. Bola lantas meluncur di atas kepala Iker Casillas dan mengoyak gawang Spanyol.

Adapun, dalam buku Olahraga (2016) karya Sukma Aji, dalam menyundul bola memiliki beberapa prinsip yang harus diperhatikan oleh pemain.

Salah satu yang paling penting adalah menyundul bola dengan baik harus menggunakan dahi kepala dan hasil sundulan tetap keras.

Baca juga: Macam-macam dan Tugas Pemain Belakang atau Bek dalam Sepak Bola

Berikut prinsip-prinsip menyundul bola:

  • Lari menjemput arah datangnya bola, arah pandangan yang benar saat persiapan untuk melakukan teknik dasar menyundul bola adalah tertuju pada arah bola
  • Sikap otot leher yang benar saat melakukan teknik dasar gerakan menyundul bola adalah dikuatkan atau dikeraskan
  • Bagian badan untuk menyundul bola dengan baik harus menggunakan dahi, yaitu daerah kepala di atas kedua kening di bawah rambut kepala
  • Badan ditarik ke belakang melengkung pada daerah pinggang, kemudian dengan gerakan seluruh tubuh, yaitu kekuatan otot-otot perut, kekuatan dorongan panggul dan kekuatan kedua lutut, kaki diturunkan, badan diayun ke depan sehingga dahi dapat mengenai bola
  • Pada waktu menyundul bola, mata tetap terbuka tidak boleh dipejamkan, selalu mengikuti arah datangnya bola dan mengikuti ke mana bola diarahkan, selanjutnya diikuti dengan gerak lanjutan untuk segera lari mencari posisi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com