Kompas.com - 22/04/2021, 18:40 WIB
Penyerang Barcelona, Lionel Messi AFP/ALEX CAPARROS GETTY IMAGES EUROPE/GETTY IMAGESPenyerang Barcelona, Lionel Messi

KOMPAS.com - Sepak bola pada dasarnya merupakan permainan bola besar yang dilakukan secara beregu oleh 11 pemain dalam sebuah tim.

Hanya saja, dalam setiap tim sering terdapat pemain yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dan menonjol sepanjang pertandingan.

Contoh dari pemain seperti itu adalah penyerang asal Argentina, Lionel Messi, yang mendapat julukan sebagai GOAT dalam olahraga sepak bola.

Sebutan sebagai GOAT untuk Lionel Messi merupakan singkatan dari kalimat Greatest of All Time, atau diartikan sebagai yang terbaik sepanjang masa dalam Bahasa Indonesia.

Lantas mengapa sosok Lionel Messi dinilai pantas menyandang sebutan GOAT dalam permainan sepak bola saat ini?

Alasan pertama adalah prestasi sang pemain bersama klub FC Barcelona, di ajang kompetisi teratas Liga Spanyol (LaLiga).

Bersama klub tersebut Lionel Messi meraih beragam trofi mulai dari titel juara LaLiga, Copa Del Rey, Liga Champions, dan Piala Dunia Klub.

Baca juga: Kenapa Sepak Bola Eropa Sangat Maju?

Prestasi sebagai pencetak gol terbanyak dalam semusim di kancah Liga Spanyol maupun kompetisi antarklub Eropa, pun sudah berulangkali dicatatkan oleh Lionel Messi.

Termasuk ketika mampu membukukan 50 gol selama semusim pada musim kompetisi 2011-2012 di ajang LaLiga.

Deretan prestasi tersebut menjadi dasar pencapaian sekaligus alasan kedua seorang Lionel Messi disebut sebagai GOAT dalam cabang olahraga sepak bola.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X