Kompas.com - 22/04/2021, 18:20 WIB
Pada dasarnya, olahraga bisa dilakukan di mana saja, baik di rumah atau sasana kebugaran. Sering kali kendalanya adalah menyelipkannya di sela-sela kewajiban dan kegiatan sehari-hari lainnya. ShutterstockPada dasarnya, olahraga bisa dilakukan di mana saja, baik di rumah atau sasana kebugaran. Sering kali kendalanya adalah menyelipkannya di sela-sela kewajiban dan kegiatan sehari-hari lainnya.


KOMPAS.com - Kelenturan merupakan salah satu komponen dalam kebugaran jasmani.

Sama seperti komponen lainnya, kelenturan atau flexibility dalam bahasa Inggris bisa digunakan untuk menilai seseorang terkait kebugaran jasmani.

Pengertian Flexibility atau Kelenturan

Kemampuan gerak maksimal persendian untuk mengurangi resiko cedera disebut daya lentur atau fleksibilitas.

Baca juga: 10 Komponen Kebugaran Jasmani

Daya lentur adalah tingkat penyesuaian seseorang pada segala aktifitas kerja secara efektif dan efisiensi dengan cara penguluran tubuh yang baik.

Jika seseorang memiliki kelenturan yang baik, maka orang tersebut akan dapat terhindar dari cedera.

Manfaat Kelenturan Tubuh

Seperti dijelaskan di atas kemampuan persendian dan otot disekitar dapat melakukan gerakan dengan maksimal tanpa mengalami ganguan adalah kelenturan.

Latihan kekuatan sendiri memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah menghidari terjadinya cedera pada persendian dan otot.

Baca juga: Jenis-jenis Tes Kebugaran Jasmani

Dilansir dari Healthline, peningkatan fleksibilitas di seluruh tubuh memungkinkan persendian Anda bergerak dengan lancar dan meminimalisir terjadinya cedera.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya dari latihan kelenturan yaitu:

  • Mengurangi rasa sakit saat berolahraga

Saat otot Anda lebih kendur dan tidak terlalu tegang, Anda tidak akan terlalu merasakan sakit dan nyeri.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X