Kompas.com - 21/04/2021, 19:40 WIB
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane diberi selamat oleh Presiden Real Madrid Florentino Perez setelah memenangkan final Piala Super Spanyol antara Real Madrid dan Atletico Madrid pada 12 Januari 2020, di King Abdullah Sports City AFP/GIUSEPPE CACACEPelatih Real Madrid, Zinedine Zidane diberi selamat oleh Presiden Real Madrid Florentino Perez setelah memenangkan final Piala Super Spanyol antara Real Madrid dan Atletico Madrid pada 12 Januari 2020, di King Abdullah Sports City

KOMPAS.com - Real Madrid memegang status sebagai klub sepak bola paling bernilai kedua di dunia versi majalah Forbes, menurut data yang dirilis pada 12 April 2021.

Berdasarkan kalkulasi majalah bisnis kenamaan asal Amerika Serikat tersebut, Real Madrid ditaksir memiliki nilai total sebesar 4,75 miliar dolar amerika atau hampir setara dengan 69,2 triliun rupiah.

Angka tersebut didapat melalui kerja keras serta sentuhan pengelolaan dan pembangunan Presiden Florentino Perez.

Berlatar belakang sebagai pebisnis, Florentino Perez seperti menemukan formula tepat untuk menjadikan klub peserta kompetisi teratas Liga Spanyol, LaLiga, itu menjadi yang terbesar di dunia.

Florentino Perez mulai menjabat sebagai Presiden Real Madrid CF pada Juli 2000, melalui pemilihan terbuka mengalahkan kandidat sekaligus petahana ketika itu, Lorenzo Sans.

Kebijakan paling menonjol dari masa kepemimpinan Florentino Perez sebagai sosok tertinggi dalam hierarki Real Madrid, adalah pembelian sederet pemain bintang ternama ke dalam skuad.

Baca juga: Profil Andrea Agnelli, Sosok Utama dalam Dominasi Juventus di Serie A

Bentuk langkah transfer membeli pemain kelas megabintang setiap musimnya oleh Real Madrid, lantas kondang dengan sebutan Galactico.

Secara berkala, pemain sekelas Zinedine Zidane, Luis Figo, David Beckham, hingga Ronaldo Luis Nazario da Lima menghuni skuad Real Madrid.

Deretan pemain bintang tersebut menjadi pilar tim, bersama pemain jebolan akademi klub seperti Raul Gonzalez, Iker Casillas, dan Guti Hernandez.

Periode pertama masa jabatan Florentino Perez sebagai Presiden Real Madrid, membuahkan delapan buah trofi juara mulai dari titel LaLiga, Liga Champions, dan Piala Interkontinental.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X