Kompas.com - 21/04/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi jalan cepat freepik.com/onlyyouqjIlustrasi jalan cepat

KOMPAS.com - Jalan cepat adalah gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah.

Selama melangkah, kaki yang bergerak maju harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah.

Jalan cepat atau disebut juga dengan racewalking merupakan salah satu nomor dalam cabang olahraga atletik.

Adapun, nomor jalan cepat yang dilombakan pada ajang Olimpiade adalah 20 kilometer (putra dan putri) serta 50 kilometer (putra).

Baca juga: Jalan Cepat: Sejarah, Pengertian, Teknik Dasar, dan Peraturan

Rangkaian Gerak dalam Jalan Cepat

Dalam modul Sehat-Bugar untuk Tua-Muda, Atletik Jalan dan Lari (2017) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hal penting yang harus diperhatikan dalam lomba jalan cepat adalah melakukan gerak langkah maju ke depan dengan salah satu kaki tetap kontak dengan tanah.

Rangkaian gerak jalan cepat ditunjukkan oleh gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah.

Artinya, setiap akan melangkahkan kaki, salah satu kaki harus selalu berhubungan atau menempel pada tanah. Sehingga, pada gerakan jalan cepat, posisi kaki harus menempel di atas tanah.

Pelaksanaan perlombaan jalan cepat diawali dengan adanya pemberangkatan (start) dan diakhiri dengan melewati garis finis.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Jalan Cepat

Oleh karena itu, rangkaian gerak dalam jalan cepat dibagi menjadi tiga tahapan yaitu gerakan start, jalan cepat, dan melewati garis finis.

  • Gerakan Start (Awalan)

Teknik awalan atau start adalah teknik untuk memulai jalan cepat. Gerakan start bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X