Jokowi Teken Keppres Panitia Pencalonan Indonesia sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032

Kompas.com - 21/04/2021, 12:00 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam peringatan Hari Siaran Nasional ke-88, Kamis (1/4/2021). Foto: Biro Pers Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam peringatan Hari Siaran Nasional ke-88, Kamis (1/4/2021).

KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 9 Tahun 2021 tentang Panitia Pencalonan Indonesia sebagai Tuan Rumah Olimpiade Tahun 2032.

Keppres tersebut sudah ditetapkan di Jakarta pada 13 April 2021. Keppres itu dibuat sebagai tindak lanjut dari pencalonan resmi Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Panitia pencalonan tersebut nantinya disebut INABCOG yang merupakan singkatan dari Indonesia Bid Committee Olympic Games 2032.

INABCOG nantinya bertugas mulai dari melakukan persiapan pencalonan, menyusun strategi dan rencana induk persiapan pencalonan, promosi, kampanye publik, hingga sosialisasi pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Baca juga: Belum Tentukan Tuan Rumah Olimpiade 2032, IOC Siapkan Agenda Ini

Dalam Keppres Nomor 9 Tahun 2021 juga disebutkan bahwa struktur organisasi INABCOG terdiri dari pengarah, penanggung jawab, dan pelaksana.

Pengarah INABCOG nantinya diketuai oleh Wakil Presiden RI. Adapun penanggung jawab INABCOG adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Terakhir, tim pelaksana INABCOG akan dipimpin oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

“Membentuk Panitia Pencalonan Indonesia sebagai Tuan Rumah Olimpiade Tahun 2032, Indonesia Bid Committee Olympic Games 2032 yang selanjutnya disebut Panitia INABCOG,” bunyi keputusan yang dituangkan pada Pasal 1 ayat (1) dilansir dari laman Sekretariat Kabinet RI, Rabu (21/4/2021).

“Masa kerja Panitia INABCOG terhitung sejak tanggal Keputusan Presiden ini ditetapkan sampai dengan tanggal 31 Desember 2024,” bunyi Pasal 14.

Baca juga: Olimpiade 2032, Dalam Waktu Dekat 2 Rencana Ini Dilaporkan ke Presiden

Pemerintah Indonesia secara terbuka menyatakan tertarik menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 sesaat setelah sukses menyelengarakan Asian Games dan Asian Paragames 2018.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X