Kompas.com - 21/04/2021, 10:20 WIB
Pebulu tangkis Indonesia, Lilyana Natsir, mengembalikan serangan ganda China, Xu Chen/Ma Jin pada partai pertama perempat final Piala Sudirman, Kamis (23/5/2013). Tontowi Ahmad/Lilyana menang 21-18 14-21 21-16. LAI SENG SIN/APPebulu tangkis Indonesia, Lilyana Natsir, mengembalikan serangan ganda China, Xu Chen/Ma Jin pada partai pertama perempat final Piala Sudirman, Kamis (23/5/2013). Tontowi Ahmad/Lilyana menang 21-18 14-21 21-16.

KOMPAS.com - Prestasi Indonesia di dunia olahraga tak hanya didominasi oleh atlet pria. Atlet wanita pun memiliki peran dalam mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Indonesia tercatat memiliki sejumlah atlet wanita yang sukses menorehkan prestasi gemilang di pentas olahraga dunia.

Kehebatan atlet-atlet wanita Tanah Air itu pun sudah diakui dunia.

Berikut KOMPAS.com merangkum atlet wanita yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional.

1. Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani

Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani adalah trio pemanah Indonesia yang berhasil meraih medali perak pada Olimpiade Seoul 1988.

Melansir Kompaspedia.Kompas.id, Indonesia berhasil meraih medali pada Olimpiade 1988 setelah pada tujuh edisi sebelumnya gagal mendapatkan medali.

Atlet Indonesia yang mengukir sejarah dengan meraih medali Olimpiade pertama adalah tiga pemanah Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani.

Trio pemanah Merah Putih itu suskes menyabet medali perak Olimpiade 1988 usai mengalahkan tim panahan Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya dalam 36 tahun, Indonesia mampu mendapatkan medali Olimpiade.

2. Susi Susanti

Susi Susanti adalah salah satu pebulu tangkis terhebat yang pernah dimiliki Indonesia.

Susi Susanti menggoreskan tinta emas ketika berhasil merebut medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992. Ini merupakan medali emas pertama Indonesia pada ajang Olimpiade.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X