Profil Susy Susanti, Legenda Bulu Tangkis Indonesia Peraih Emas Olimpiade

Kompas.com - 21/04/2021, 08:40 WIB
Susy Susanti berpose saat media visit promo film Susi Susanti: Love All di redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (17/10/2019). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSusy Susanti berpose saat media visit promo film Susi Susanti: Love All di redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (17/10/2019).

KOMPAS.com - Susy Susanti adalah legenda bulu tangkis asal Indonesia. Ia berhasil mempersembahkan medali emas bagi Merah Putih pada Olimpiade 1992.

Susy Susanti lahir di Tasikmalaya pada 11 Februari 1971.

Sejak kecil, Susy sudah berlatih bulu tangkis. Dukungan penuh dari orang tua membuat kemampuannya dalam bermain bulu tangkis bisa berkembang secara baik.

Susy berlatih di klub milik pamannya, PB Tunas Tasikmalaya, selama tujuh tahun dan berhasil memenangi kejuaraan level junior.

Pada 1985, tepatnya saat mulai masuk SMP, Susy pindah ke Jakarta untuk lebih serius menekuni bulu tangkis.

Baca juga: Siapakah Petinju Indonesia Pertama yang Meraih Gelar Juara Dunia?

Melansir TribunNews.com, Susy Susanti sukses menyabet gelar juara World Championship Junior pada 1985 saat usianya masih 14 tahun.

Susy meraih gelar tersebut ketika turun di nomor tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran.

Dua tahun kemudian pada ajang yang sama, Susy kembali menjadi juara melalui nomor tunggal putri dan ganda putri. Prestasi ini membuatnya mengoleksi lima gelar juara di kejuaraan dunia junior.

Prestasi di level junior itu kemudian berlanjut ke jenjang profesional.

Pada 1989, Susy tampil sebagai juara Indonesia Open. Kegigihan Susy lalu membuatnya masuk skuad Merah Putih untuk Piala Sudirman 1989.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X