Kompas.com - 21/04/2021, 06:40 WIB
Ilustrasi jogging. Jogging memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan pikiran. ShutterstockIlustrasi jogging. Jogging memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan pikiran.


KOMPAS.com - Berolahraga merupakan salah satu cara ampuh untuk mengecilkan perut buncit.

Seperti diketahui, olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat kesehatan yang nyata dalam berolahraga adalah menghilangkan lemak.

Contohnya adalah lemak pada bagian perut.

Lalu, apa saja ragam olahraga untuk mengecilkan perut?

Baca juga: 10 Komponen Kebugaran Jasmani

Menurut instruktur gym, Erik Firmanto Da Loves, ada lima ragam olahraga untuk mengecilkan perut buncit.

Instruktur gym bersertifikasi Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) di Yogyakarta itu pun mengatakan renang, jogging, jalan cepat, bulu tangkis, dan bersepeda bisa menjadi olahraga yang efektif untuk mengusir persoalan perut buncit.

"Renang, jogging, jalan cepat, bulu tangkis, dan bersepeda bisa menjadi olahraga efektif untuk mengecilkan perut buncit karena olahraga tersebut bisa menaikan irama detak jantung dengan catatan dilakukan pada kisaran 108 sampai 120 bpm (detak per menit) untuk tubuh seseorang usia 20 sampai 40 tahun," kata Erik kepada Kompas.com, Selasa (20/4/2021).

"Jika detak jantung saat melakukan salah satu dari lima olahraga tersebut mencapai 108 sampai 120 bpm, maka akan terjadi pembakaran lemak," ujar Erik.

Baca juga: Kekuatan: Pengertian, Manfaat, dan Latihan

Erik pun membagikan informasi terkait durasi masing-masing olahraga tersebut.

Renang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X