Kompas.com - 20/04/2021, 22:20 WIB
Ilustrasi servis bawah dalam permainan bola voli kemdikbudIlustrasi servis bawah dalam permainan bola voli

KOMPAS.com - Adaptasi permainan bola voli bisa dilakukan sebagai bentuk pembelajaran olahraga tersebut untuk siswa usia dini.

Bentuk adaptasi cabang olahraga bola voli untuk kalangan siswa maupun anak-anak adalah permainan bola voli mini.

Variasi permainan bola voli mini adalah bentuk materi pembelajaran dengan modifikasi, agar dapat diikuti oleh kalangan siswa sekolah dasar hingga menengah.

Permainan bola voli mini memiliki perbedaan dibandingkan olahraga sesungguhnya, terutama pada jumlah pemain maupun wilayah lapangan permainan.

Jumlah pemain inti dalam permainan bola voli mini untuk setiap timnya yaitu 2 hingga 4 orang, seperti dikutip dari buku Petunjuk Tes Keterampilan Bola Voli Usia 13-15 Tahun (1999) oleh Depdikbud.

Ukuran lapangan bola voli mini memiliki panjang 12 meter. dan lebar 5,5. meter, dengan tinggi bagian atas net dari permukaan tanah mencapai 2 hingga 2,1 meter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Taktik Menyerang dan Bertahan dalam Bola Voli

Panjang dari net dalam permainan. bola voli mini mencapai 7 meter dengan lebar mencapai 90 cm.

Adapun berat bola dalam permainan bola voli mini berkisar antara 230 hingga 250 gram atau lebih tepatnya menggunakan standar ukuran 4.

Bola voli mini memiliki peraturan yang tidak jauh berbeda dengan olahraga versi penuh, seperti mengacu pada regulasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Terdapat dua buah tim yang saling berhadapan di lapangan dengan jumlah pemain satu regu bola voli mini adalah terdiri dari 2 hingga 4 orang, serta 1 atau 2 orang pemain cadangan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X