Kompas.com - 20/04/2021, 06:40 WIB
Roger Federer Roger Federer

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri, dunia tenis sektor putra saat ini masih menjadi milik the big three. Mereka adalah Roger Federer, Rafael Nadal dan Novak Djokovic.

Bukan tanpa alasan penyematan identitas tersebut.

Tiga petenis ini sangat dominan sejak 2003 karena total 58 gelar grand slam sudah mereka sabet dengan rincian 20 gelar milik Federer dan Nadal serta 18 milik Djokovic.

Beberapa tahun terakhir ini, para petenis muda muncul dan berusaha meruntuhkan hegemoni the big three. Sebut saja Dominic Thiem, Stefanos Tsitsipas dan Daniil Medvedev.

Baca juga: Ayah Novak Djokovic Buat Pengakuan Mengejutkan soal Roger Federer

Namun, upaya mereka belum membuahkan hasil maksimal. Kecuali Thiem yang memenangi gelar US Open 2020, dua grand slam lainnya belum berpindah tangan.

Djokovic juara Australian Open 2020 dan Nadal mengantongi gelar French Open 2020 (Wimbledon 2020 dibatalkan karena pandemi Covid 19).

Nah, tahun 2021 ini, tampaknya the big three masih menjadi favorit juara.

Roger Federer, yang tahun lalu memutuskan absen dalam semua grand slam, digadang-gadang bakal mencuri perhatian.

Meski sudah berusia 39 tahun, petenis asal Swiss ini tetap diperhitungkan. Apalagi, dia berpotensi memecahkan sejumlah rekor.

Roger Federer dan rekornya

Petenis Swiss Roger Federer (kanan) berjabat tangan dan merangkul petenis Spanyol Rafael Nadal (kiri) setelah memenangi pertandingan semifinal tunggal putra Wimbledon 2019 di The All England Lawn Tennis Club di Wimbledon, London, pada 12 Juli 2019.ADRIAN DENNIS/AFP Petenis Swiss Roger Federer (kanan) berjabat tangan dan merangkul petenis Spanyol Rafael Nadal (kiri) setelah memenangi pertandingan semifinal tunggal putra Wimbledon 2019 di The All England Lawn Tennis Club di Wimbledon, London, pada 12 Juli 2019.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X