Profil Kim Jeffrey Kurniawan, Gelandang Keturunan Jerman Pilar PSS

Kompas.com - 19/04/2021, 19:40 WIB
Gelandang Kim Jeffrey Kurniawan berusaha menghentikan pergerakkan Irfan Bachdim dalam seleksi tahap kedua tim nasional Indonesia di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (16/8/2016). Herka Yanis Pangaribowo/BOLA/JUARA.netGelandang Kim Jeffrey Kurniawan berusaha menghentikan pergerakkan Irfan Bachdim dalam seleksi tahap kedua tim nasional Indonesia di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (16/8/2016).

KOMPAS.com - Kebijakan menaturalisasi pemain sepak bola berdarah Indonesia sempat digulirkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada medio 2010.

Salah satu nama pemain yang muncul serta menjadi nominasi untuk memperoleh paspor Indonesia adalah gelandang kelahiran Jerman, Kim Jeffrey Kurniawan.

Melansir berita KOMPAS.com, Kim Jeffrey Kurniawan resmi mendapatkan status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) berdasarkan keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 6 Desember 2010.

Keputusan tersebut membuat Kim Kurniawan lantas mendapat kesempatan luas untuk berkarier sebagai pemain profesional di kompetisi Liga Indonesia, tanpa embel-embel sebagai pemain asing.

Adanya status sebagai WNI juga memunculkan harapan bagi Kim Jeffrey Kurniawan untuk dapat memperkuat timnas Indonesia.

Momentum debut Kim Jeffrey Kurniawan memperkuat timnas Indonesia sendiri baru terjadi pada 2015 dalam laga uji coba melawan Myanmar di Sidoarjo.

Baca juga: Profil Frets Butuan, Winger Haus Gol Persib di Piala Menpora

Jejak karier yang berposisi sebagai gelandang tengah itu di kompetisi sepak bola Indonesia, dimulai saat bergabung dengan Persema Malang.

Langkah membela Persema Malang diambil Kim Jeffrey Kurniawan setelah mendapat ajakan pelatih Timo Scheunemann, yang sempat melihat kemampuan sang pemain melalui rekaman video.

Usai memperkuat Persema Malang, Kim Jeffrey Kurniawan lantas memperkuat Pelita Bandung Raya selama dua musim.

Hingga akhirnya, Kim Jeffrey Kurniawan bergabung dengan Persib Bandung mengikuti jejak pelatih Dejan Antonic.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X