Prokes Ketat, Timnas 3x3 Putri Tak Bisa Bebas Interaksi dengan Orang di Luar Pelatnas

Kompas.com - 17/04/2021, 10:46 WIB
Pebasket 3x3 putri Indonesia, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, menjalani tes PCR menjelang persiapan menghadapi Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021 dalam turnamen di Graz, Austria, 24-30 Mei 2021. PERBASIPebasket 3x3 putri Indonesia, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, menjalani tes PCR menjelang persiapan menghadapi Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021 dalam turnamen di Graz, Austria, 24-30 Mei 2021.

KOMPAS.com - Timnas Basket 3x3 Putri Indonesia mulai berlatih keras. Ini dilakukan sebagai persiapan menghadapi Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021.

Namun, para pemain dan ofisial tim harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya memutus rantai Covid 19.

Ya, pandemi Covid 19 membuat suasana latihan Timnas Basket 3x3 Putri Indonesia berbeda dari biasanya.

Baca juga: Ikut Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021, Timnas 3x3 Putri Tampil di Austria

Mereka harus lebih dulu menjalani tes Swab PCR sebanyak dua kali sebelum latihan. Selain itu, semua peralatan yang dipakai latihan juga dijamin steril karena disemprot disinfektan dan dibersihkan secara berkala.

Setelah semua dinyatakan negatif dari Covid 19, para pemain langsung menjalani latihan. Sejak 12 April 2021, mereka sudah berlatih di GOR Cahaya Lestari Surabaya.

Saking ketat penerapan prokes ini, selama pelatihan para pemain tidak bisa berinteraksi secara bebas dengan orang di luar pelatnas.

Terkait materi latihan, fisik pemain menjadi perhatian karena mereka sudah cukup lama tidak berkumpul bersama.

"Fokus latihan sementara ini mengembalikan fisik anak-anak karena baru kumpul minggu ini, selain shooting dan defense," ungkap pelatih July.

Selama Ramadhan, intensitas latihan tidak ada perubahan, lanjut July. Pasalnya, persiapan menuju turnamen semakin mepet, hanya sekitar sebulan.

Ada hal menggembirakan dalam latihan ini karena sampai sekarang, pemain yang puasa juga masih kuat ikut latihan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X