Kompas.com - 16/04/2021, 10:45 WIB
Gerakan passing bawah kemdikbud.go.idGerakan passing bawah

KOMPAS.comPassing atau mengumpan merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli.

Dalam buku Pedoman Pelatihan Bola Voli (1991) karya Suharno HP, passing adalah upaya seorang pemain mengoper bola kepada rekan setimnya untuk dimainkan di lapangan sendiri.

Dalam permainan bola voli, teknik passing ada dua jenis, yaitu overhand pass (passing atas) dan underhand pass (passing bawah). Keduanya memiliki perbedaan tekniknya masing-masing.

Pada artikel ini akan membahas perihal teknik passing bawah dalam bola voli.

Baca juga: Tugas Spiker dalam Bola Voli

Pengertian passing bawah

Dikutip dari buku Jago Bola Voli (2020) karya Ikbal Tawakal, passing bawah adalah sebuah gerakan atau teknik menerima bola menggunakan kedua tangan.

Passing bawah dilakukan dengan cara sikap tubuh setengah jongkok, lutut ditekuk, kedua tangan dirapatkan lurus.

Saat ada bola datang, posisi lengan pada saat melakukan passing bawah adalah rapat, lurus ke bawah, dan berada di depan dada, serta agak condong ke depan.

Teknik passing bawah sering digunakan untuk menerima bola dari servis lawan. Selain itu, untuk mengambil bola yang rendah pada permainan bola voli menggunakan passing bawah.

Bentuk arah bola yang benar dari hasil melakukan passing bawah bola voli adalah berbentuk seperti parabola, yakni melambung ke atas dan mengarah ke rekan satu tim.

Saat melakukan passing bawah bola voli kita harus memperkirakan ayunan tangan langkah tersebut dilakukan agar tidak melambung terlalu tinggi.

Langkah melakukan passing bawah

Berikut urutan gerak passing bawah dalam permainan bola voli, yaitu:

Baca juga: 10 Manfaat Olahraga Bola Voli

  1. Posisi tubuh tegak dengan kedua kaki yang dibuka selebar bahu. Kedua lutut agak sedikit ditekuk dan badan condong ke depan.
  2. Saat akan melakukan passing, pastikan untuk memajukan salah satu kaki ke depan, sebagai langkah persiapan.
  3. Posisi lengan pada saat melakukan passing bawah adalah kedua tangan diluruskan ke depan bawah dan dirapatkan. Pastikan jika posisi ibu jari sejajar.
  4. Jika bola sudah hampir tiba, arahkan kedua tangan mengikuti arah datangnya bola.
  5. Ayunkan kedua tangan untuk memukul bola. Kedua siku tangan harus dipastikan dalam posisi lurus. Posisi perkenaan bola passing bawah terletak pada bagian lengan atau bagian atas pergelangan tangan.
  6. Ketika tangan memukul bola, luruskan kedua lutut kaki.

Pada praktiknya, pemain bola voli acapkali melakukan kesalahan. Salah satunya dalam pertandingan bola voli ada seorang pemain yang melakukan passing bawah. Namun, arah bolanya justru ke belakang melewati kepalanya sendiri. Mengapa demikian?

Alasannya adalah momentum ketika mendapatkan bola. Posisi maupun perkenaan bola di lengan tidak sesuai dengan semestinya, tepatnya terlalu tinggi.



Sumber Skola
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X