Kompas.com - 14/04/2021, 19:06 WIB
Aksi spiker Indonesia, Amalia Fajrina Nabila, di pertandingan Asian Games 2018 cabang bola voli putri melawan Korea Selatan, Rabu (29/8/2018).
INASGOCAksi spiker Indonesia, Amalia Fajrina Nabila, di pertandingan Asian Games 2018 cabang bola voli putri melawan Korea Selatan, Rabu (29/8/2018).

KOMPAS.com - Permainan bola voli menjadi bentuk cabang olahraga menggunakan bola besar yang dimainkan secara beregu.

Dua tim dengan masing-masing berisikan enam pemain yang membawa peran serta tugas berbeda ketika berada di lapangan.

Anggota tim bola voli memiliki tugas yang terbagi menjadi dua yakni berperan besar ketika menyerang atau bertahan.

Untuk pemain dengan tugas utama sebagai penyerang, terdapat posisi dengan sebutan spiker/smasher dalam permainan bola voli.

Keberadaan pemain dengan posisi spiker/smasher dalam permainan bola voli biasa menempati garis depan wilayah permainan atau dekat net.

Pengertian posisi spiker

Spiker atau smasher adalah orang yang bertugas melakukan serangan dari depan dengan cara memukul bola sekeras-kerasnya.

Istilah lain yang biasa dipakai untuk menyebut seorang spiker, sebagai penyerang dalam permainan bola voli, adalah hitter.

Baca juga: Perbedaan Passing Atas dan Passing Bawah dalam Bola Voli

Teknik memukul bola sekeras-kerasnya untuk menyerang permainan lawan dalam permainan bola voli disebut sebagai smash atau spike.

Posisi bermain seorang spiker berada di garis depan wilayah permainan atau dekat net untuk menyambut bola umpan dari seorang tosser atau set-upper.

Adapun dalam sebuah tim bisa terdapat lebih dari seorang spiker yang biasanya berada di sebelah kanan dan kiri tosser.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X