Kompas.com - 14/04/2021, 18:20 WIB
Ilustrasi Permainan Tenis Meja Encyclopaedia BritannicaIlustrasi Permainan Tenis Meja

KOMPAS.com - Tenis meja atau pingpong adalah jenis permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau dua pasang (ganda) secara berlawanan.

Dalam sebuah pertandingan tenis meja, peralatan yang digunakan adalah meja, net, bola, dan raket yang biasa disebut dengan bet.

Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) telah menetapkan aturan mengenai peralatan yang digunakan pada pertandingan tenis meja.

Setiap peralatan dalam olahraga tenis meja pun memiliki aturan atau regulasinya sendiri-sendiri.

Baca juga: Tenis Meja: Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasar

Ukuran Lapangan Tenis Meja

Meja

Dalam pertandingan tenis meja, meja yang digunakan berbentuk persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut.

  • Panjang meja: 274 cm
  • Lebar meja: 152,5 cm
  • Tinggi meja dari permukaan tanah: 76 cm
  • Tebal meja: 3 cm
  • Luas meja: 4,1785 m2

Ilustrasi taktik dan strategi menyerang dalam permainan tenis mejakemdikbud Ilustrasi taktik dan strategi menyerang dalam permainan tenis meja

 

Baca juga: Cara-cara Memegang Bet Tenis Meja

Sesuai standar ITTF, permukaan meja bisa dari bahan apa saja asalkan bisa menghasilkan pantulan yang seragam yaitu sekitar 23 cm saat bola standar dijatuhkan dari ketinggian 30 cm.

Permukaan meja juga harus berwarna gelap, umumnya biru gelap atau hijau gelap, dengan garis sisi selebar 2 cm berwarna putih.

Di bagian tengah meja juga terdapat garis putih selebar 3 mm yang disebut dengan garis tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber ITTF
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X