Kompas.com - 13/04/2021, 23:20 WIB
N'Golo Kante (kiri) sedang berebut bola dengan gelandang Wilfred Ndidi pada laga Chelsea vs Leicester City dalam pekan ke-18 Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, 22 Desember 2018. GLYN KIRKN'Golo Kante (kiri) sedang berebut bola dengan gelandang Wilfred Ndidi pada laga Chelsea vs Leicester City dalam pekan ke-18 Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, 22 Desember 2018.

KOMPAS.com - Sektor tengah lapangan permainan sepak bola menjadi wilayah kerja para pemain berposisi sebagai gelandang.

Gelandang sebagai seorang pemain di lini tengah mempunyai tugas untuk membangun serangan dan harus ikut dalam bertahan.

Terkait tugas seorang gelandang untuk ikut bertahan, kemudian muncul posisi bermain sebagai gelandang bertahan.

Melansir laman Bleacher Report, pengertian posisi gelandag bertahan adalah pemain tengah yang memiliki tanggung jawab utama melapis lini pertahanan.

Belakangan, pemain dengan label gelandang bertahan mampu menempuh jarak paling jauh dalam sebuah pertandingan sepak bola, memiliki ketahanan fisik prima, serta berkarakter sebagai pekerja keras.

Hingga tercetus istilah bagi seorang pemain dengan ciri tersebut dalam sebuah tim, sebagai posisi gelandang pengangkut air.

Baca juga: Macam-macam Gelandang dalam Sepak Bola dan Tugasnya

Sejarah sebutan gelandang pengangkut air

Istilah gelandang pengangkut air (water-carrier midfielder) pertama kali dicetuskan penyerang asal Perancis, Eric Cantona, untuk menyebut peran besar kompatriotnya, Didier Deschamps pada medio 1990-an.

Didier Deschamps mengantarkan timnas Perancis meraih titel juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000 sebagai seorang gelandang bertahan sekaligus kapten tim.

Adapun tanggung jawab utama Didier Deschamps dalam permainan timnas Perancis ketika itu, adalah merebut penguasaan bola dari lawan dan memberikannya kepada pemain kreatif untuk memulai serangan.

Seperti seorang penyalur air yang memenuhi hajat orang banyak, Didier Deschamps bertugas mengoper bola kepada pemain kreatif timnas Perancis yang membutuhkan seperti Cantona, Zinedine Zidane, hingga Thierry Henry.

Baca juga: Perbedaan Sepak Bola dan Futsal

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X