Kompas.com - 13/04/2021, 16:40 WIB
Peserta senam massal SKJ di kegiatan Gowes Nusantara Tour de Menoreh 2019 di Lapangan Wijimulyo, Nanggulan, Kulon Progo, Minggu (24/11/2019). KOMPAS.com/FARAHDILLA PUSPA Peserta senam massal SKJ di kegiatan Gowes Nusantara Tour de Menoreh 2019 di Lapangan Wijimulyo, Nanggulan, Kulon Progo, Minggu (24/11/2019).

KOMPAS.com - Bentuk kegiatan olahraga senam irama atau disebut juga sebagai gerak berirama bisa dipilih sebagai salah satu upaya menjaga kebugaran tubuh.

Aktivitas olahraga senam irama dapat dilakukan secara indvidu maupun berkelompok dengan ketentuan gerakan yang diiringi musik atau lagu.

Dalam buku Pembelajaran Gerak Senam Berirama Berbasis Multimedia (2018) oleh Oktariyana dan Oktariyani, manfaat melakukan senam irama bagi kesehatan tubuh kita adalah menjaga keseimbangan, kelenturan, kesehatan jantung, koordinasi antar bagian tubuh, dan kekuatan otot.

Selain itu, latihan senam ritmik yang teratur akan meningkatkan efisiensi kinerja jantung.

  • Keseimbangan

Ketika melakukan senam irama atau gerak berirama, keseimbangan tubuh dilatih melalui gerakan ayunan tangan dan langkah kaki sesuai irama musik.

Gerak ayunan kaki dan langkah kaki mengikuti irama musik membuat tubuh menyeseuaikan keseimbangan dan mengendalikan posisi secara teratur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 6 Unsur Senam Irama atau Gerak Berirama

  • Kelenturan

Dalam kegiatan senam irama, dibutuhkan keleluasaan bergerak pada bagian sendi dan otot dalam sejumlah gerakan tertentu.

Contoh gerakan seperti meliuk, membungkuk, hingga merentangkan badan melatih otot dan bagian sendi untuk bergerak secara teratur tanpa menimbulkan rasa sakit.

  • Kesehatan dan daya tahan jantung

Rangkaian gerakan senam irama secara teratur mampu meningkatkan denyut jantung secara normal sekaligus meningkatkan aliran darah.

Adanya keseimbangan kinerja jantung dalam gerakan senam irama dapat menurunkan tekanan darah serta memenuhi kadar oksigen dalam tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.