Kompas.com - 12/04/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi servis atas dalam permainan bola voli kemdikbudIlustrasi servis atas dalam permainan bola voli

 

KOMPAS.com - Olahraga bola voli memiliki ketentuan tersendiri dalam memulai jalannya permainan dalam setiap set atau gim.

Pukulan bola pertama dari garis paling belakang lapangan untuk mengawali permainan bola voli disebut dengan servis.

Servis adalah teknik dasar untuk memulai suatu set dalam permainan bola voli dengan memukul bola ke arah lapangan permainan lawan.

Istilah lain servis dalam permainan bola voli adalah pukulan sajian pertama.

Setelah itu, setiap regu dalam menerima bola servis diberi hak untuk memainkan bola voli sebanyak tiga kali sentuhan.

Kemudian bola masih dianggap hidup dalam permainan bola voli sejak servis sampai bola menyentuh tanah atau disentuh lebih dari tiga kali.

Dalam praktiknya, daerah untuk servis dalam permainan bola voli berada pada luar garis belakang dari masing-masing tim.

Terdapat tiga macam jenis servis dalam permainan bola voli, seperti termuat dalam buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) karya Winarno dan rekan-rekan.

Bentuk permulaan permainan bola voli diawali dengan melakukan tiga jenis servis yakni servis atas, servis bawah, dan servis atas dengan melompat.

Baca juga: Tahapan Melakukan Smash dalam Bola Voli

Servis atas

Pada sajian pertama (servis) dalam permainan bola voli dengan bola dilambungkan ke atas kemudian dipukul di atas kepala dan melewati net/jaring jatuh di daerah lawan adalah servis atas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X