Kompas.com - 11/04/2021, 08:40 WIB
Suporter Persebaya Surabaya larut dalam kegembiraan saat tim kebanggaannya menjuarai Piala Gubernur Jatim 2020 setelah mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 4-1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (20/2/2020) sore. KOMPAS.com/Suci RahayuSuporter Persebaya Surabaya larut dalam kegembiraan saat tim kebanggaannya menjuarai Piala Gubernur Jatim 2020 setelah mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 4-1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (20/2/2020) sore.

KOMPAS.com - Persebaya Surabaya tidak bisa dilepaskan dari Bonek. Bonek adalah suporter fanatik klub sepak bola kebanggaan Arek-arek Suroboyo tersebut.

Bajul Ijo, julukan Persebaya, sangat identik dengan Bonek. Begitu pun sebaliknya.

Militansi dan fanatisme Bonek dalam mendukung Persebaya berlaga sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Lantas bagaimana sejarah Bonek dan asal-usul nama kelompok suporter Persebaya tersebut?

Dalam artikel berjudul "Bonek, Sebuah Identitas Kultur Sepak Bola Surabaya" yang dimuat di KOMPAS.com pada 21 April 2020, Bonek adalah sebutan bagi pendukung setia Persebaya.

Bonek dikenal sebagai salah satu suporter militan yang menciptakan kultur sendiri di Surabaya dan Jawa Timur.

Kata "bonek" sebetulnya adalah akronim dari "bondho nekat". Dalam bahasa Indonesia, "bondho nekat" berarti modal nekat.

Baca juga: Perempat Final Piala Menpora Persib vs Persebaya, Maung Bandung Ogah Adu Penalti!

Istilah tersebut menjadi gambaran bagaimana militansi dan totalitas Bonek dalam memberikan dukungan setiap Persebaya berlaga.

Dari situ, kemudian muncullah istilah mbonek yang bermakan kegiatan pergi ke stadion untuk memberikan dukungan secara langsung kepada Persebaya.

Jika ditelisik, ada cerita menarik awal mula munculnya sebutan Bonek bagi pendukung Persebaya.

Halaman:


Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X