Kompas.com - 10/04/2021, 06:40 WIB
Juara bertahan NBA, Los Angeles Lakers, memulai musim NBA 2020-2021 dengan menghadapi tetangga mereka, Los Angeles Clippers, di Staples Center, Los Angeles, pada Rabu (23/12/2020) pagi WIB. AFP/Harry HowJuara bertahan NBA, Los Angeles Lakers, memulai musim NBA 2020-2021 dengan menghadapi tetangga mereka, Los Angeles Clippers, di Staples Center, Los Angeles, pada Rabu (23/12/2020) pagi WIB.

KOMPAS.com - Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling populer dan juga sangat digemari di sejumlah negara di dunia termasuk Indonesia.

Di Indonesia, olahraga bola basket tidak kalah populer dengan bulu tangkis dan sepak bola.

Kompetisi bola basket yang ada di Indonesia saat ini adalah Indonesian Basketball League (IBL).

Sementara di pentas dunia, kompetisi bola basket yang paling terkenal adalah National Basketball Association (NBA) yang merupakan liga basket profesional di Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada).

Adapun, di pentas antar negara kompetisi bola basket terkenal adalah FIBA Basketball World Cup atau Piala Dunia Basket.

Baca juga: Cara Melakukan Bounce Pass dalam Bola Basket

Di balik tenarnya permainan bola basket saat ini, ternyata bola basket memiliki sejarah panjang.

Sejarah bola basket

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica (2015), permainan basket ditemukan oleh James Naismith pada 1 Desember 1891. Saat itu James Naismith bekerja intrusktur olahraga di Young Men’s Christian Association (YMCA).

James Naismith, Bapak Olahraga Bola Basketvia Global News Canada James Naismith, Bapak Olahraga Bola Basket

Waktu itu, Naismith membuat dan merancang olahraga yang bisa dimainkan waktu musim dingin. Ide Naismith saat itulah yang akhirnya menciptakan permainan basket yang bisa dimainkan hingga saat ini oleh semua kalangan.

Pertandingan basket pertama kali diadakan pada 1891 di Amerika Serikat. Pada saat itu, keranjang buah persik digunakan sebagai ring basket untuk permainan basket.

Sehingga, tak heran jika permainan bola basket diciptakan di negara Amerika Serikat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X