Kompas.com - 09/04/2021, 21:20 WIB
Logo FIFA. Dok. GoogleLogo FIFA.

KOMPAS.com - Federation Internationale de Football Association, disingkat FIFA, adalah induk organisasi yang sangat penting di dunia sepak bola.

Sebagai induk dari segala organisasi sepak bola di dunia, FIFA memiliki sejarah panjang sekaligus tugas yang sangat memengaruhi kondisi sepak bola di Planet Bumi.

Sejarah Berdirinya FIFA

Pada tanggal dan tahun berapakah induk organisasi sepak bola dunia didirikan?

Baca juga: Mengenal Aturan Offside dalam Sepak Bola

Dikuti dari situs resmi FIFA, pada 21 Mei 1904 induk organisasi sepak bola dunia berdiri, bertempat di belakang markas besar Gedung Asosiasi Atletik, Paris, Perancis.

FIFA didirikan oleh Perancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swiss serta Swedia. Kejuaraan dunia sepak bola pertama kali diadakan di Uruguay, pada 1930.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perwakilan yang hadir membentuk FIFA kala itu adalah Robert Guerin dan Andre Espir (Perancis), Louis Muhlinghaus dan Max Kahn (Belgia), Andre Espir (Spanyol, dalam hal ini Real Madrid), Ludvig Sylow (Denmark), Carl Anton Wilhelm Hirschman (Belanda), Victor E Schneider (Swiss), Swedia.

Adapun markas besar federasi sepak bola dunia berada di Zurich, Swiss.

Setelah FIFA resmi berdiri, induk organisasi sepak bola dunia itu memperkenalkan pesta olahraga sepak bola terbesar di dunia, yaitu Piala Dunia.

Baca juga: Asal-usul Aturan Penalti dalam Sepak Bola

Pesta olahraga sepak bola terbesar di dunia tersebut dimulai sejak 91 tahun lalu, yaitu pada 1930.

Ajang Piala Dunia pertama yang diselenggarakan oleh FIFA ini digelar di Uruguay.

Halaman:


Sumber FIFA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X