Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIFA: Sejarah, Fungsi, dan Tugasnya

Kompas.com - 09/04/2021, 21:20 WIB
Kevin Topan Kristianto

Penulis

Sumber FIFA

KOMPAS.com - Kepanjangan dari FIFA adalah Federation Internationale de Football Association. Mereka merupakan nama induk organisasi sepak bola di dunia.

Sebagai induk dari segala organisasi sepak bola di dunia, FIFA memiliki sejarah panjang sekaligus tugas yang sangat memengaruhi kondisi sepak bola di Planet Bumi.

Sejarah Berdirinya FIFA

Pada tanggal dan tahun berapakah induk organisasi sepak bola dunia didirikan?

Dikuti dari situs resmi FIFA, pada 21 Mei 1904 induk organisasi sepak bola dunia berdiri, bertempat di belakang markas besar Gedung Asosiasi Atletik, Paris, Perancis.

Baca juga: Mengenal Aturan Offside dalam Sepak Bola

FIFA didirikan oleh Perancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swiss serta Swedia. Kejuaraan dunia sepak bola pertama kali diadakan di Uruguay, pada 1930.

Perwakilan yang hadir membentuk FIFA kala itu adalah Robert Guerin dan Andre Espir (Perancis), Louis Muhlinghaus dan Max Kahn (Belgia), Andre Espir (Spanyol, dalam hal ini Real Madrid), Ludvig Sylow (Denmark), Carl Anton Wilhelm Hirschman (Belanda), Victor E Schneider (Swiss), Swedia.

Adapun markas besar federasi sepak bola dunia berada di Zurich, Swiss.

Setelah FIFA resmi berdiri, induk organisasi sepak bola dunia itu memperkenalkan pesta olahraga sepak bola terbesar di dunia, yaitu Piala Dunia.

Baca juga: Asal-usul Aturan Penalti dalam Sepak Bola

Pesta olahraga sepak bola terbesar di dunia tersebut dimulai sejak 91 tahun lalu, yaitu pada 1930.

Ajang Piala Dunia pertama yang diselenggarakan oleh FIFA ini digelar di Uruguay.

Piala Dunia pertama ini diprakarsai oleh Jules Rimet, presiden FIFA ketiga. Jules Rimet terinspirasi untuk membuat turnamen Piala Dunia setelah kesuksesan kompetisi sepak bola di Olimpiade.

Hingga saat ini, FIFA memegang mandat sebagai badan penyelenggara permainan sepak bola secara global termasuk bertanggung jawab menggelar turnamen akbar, Piala Dunia.

Baca juga: Apa Itu Corner Kick dalam Sepak Bola?

FIFA juga tergabung dalam Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) bersama FA, Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, Irlandia Utara, dan Wales.

Fungsi dan Tugas FIFA

Berdasarkan statuta FIFA, fungsi FIFA dalam sepak bola adalah untuk memastikan agar kompetisi sepak bola profesional dapat terlakasana dengan sempurna.

Selain itu, FIFA juga berfungsi untuk menyusun peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan serta memastikan penegakannya. Kemudian mengontrol serta mengatur sepak bola profesional yang bersifat global.

Baca juga: Macam-macam Peran Striker dalam Sepak Bola

Tugas FIFA adalah mengatur serta menguji berbagai peraturan serta fenomena perkembangan sepak bola secara rutin hingga saat ini.

Selain itu, FIFA juga bertugas untuk mempromosikan sepak bola, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA, dan menerbitkan daftar Peringkat Dunia FIFA setiap bulannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com