Kompas.com - 09/04/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi memukul bola melambung dalam permainan kasti kemdikbudIlustrasi memukul bola melambung dalam permainan kasti

KOMPAS.com - Permainan kasti merupakan olahraga beregu yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing memiliki pemain enam orang di lapangan dan enam orang cadangan, total 12 pemain.

Kasti merupakan permainan bola kecil yang dilakukan di lapangan dengan ukuran tersendiri.

Ukuran Lapangan Kasti

Lapangan kasti berbentuk persegi panjang yang berkuran 60 x 30 meter.

Panjang lapangan 60 meter dan lebar lapangan bola kasti berukuran 30 meter.

Baca juga: Pemain Kasti: Jumlah, Posisi, dan Tugasnya

Lapangan kasti terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian pelempar (pelambung), pemukul, tiang hinggap base (1), dan tiang hinggap terakhir (2) di ujung lapangan, serta ruang bebas.

Adapun dua tiang hinggap ditancapkan dalam tanah dengan lingkaran berjari-jari 1 meter, kedua tiang tersebut ditancapkan dengan jarak 5 meter dan garis belakang dan 10 meter dari garis samping kanan dan kiri.

Aturan Permainan Kasti

  1. Permainan kasti harus dimainkan oleh dua tim yang masing-masing memiliki pemain enam orang di lapangan dan enam orang cadangan, total 12 pemain.
  2. Salah satu tim harus menjadi tim pemukul dan tim lainnya menjadi tim pelempar bola.
  3. Seorang pelempar akan melempar bola ke arah pemukul dan harus dipukul jauh. Kemudian pemukul tersebut harus berlari ke pos pertama dan berikutnya sebelum fielder mengambil serta melempar bola ke arahnya.
  4. Jika seorang pemukul berhasil mencapai pos kedua atau ketiga dalam satu kali pukulan, maka tim pemukul akan mendapat poin setengah pembulatan.
  5. Dalam permainan bola kasti pemukul tidak mengenai bola lebih dari tiga kali apa yang harus dilakukan oleh pemukul tersebut, yang harus dilakukan pihak penjaga adalah membakar ruang bebas atau mematikan pemukul ketika hendak hinggap di pos 1.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X