Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu VAR dalam Sepak Bola?

Kompas.com - 03/04/2021, 14:20 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

KOMPAS.com - Sosok pengadil dalam sebuah pertandingan menjadi peran seorang wasit dalam olahraga sepak bola.

Wasit memiliki wewenang untuk mengatur jalannya sebuah pertandingan dalam cabang olahraga sepak bola dari awal hingga akhir.

Namun, perkembangan teknologi baik audio hingga video berperan besar mendukung kinerja wasit dalam menjadi pemimpin permainan sepak bola saat ini.

Contoh dari penerapan teknologi untuk membantu tugas wasit di sepak bola adalah Video Assistant Referee atau keberadaan asisten wasit dengan bantuan teknologi video (VAR).

Lantas apa sebenarnya Video Asisstant Referee (VAR) tersebut dan bagaimana penerapannya dalam permainan sepak bola? Berikut penjelasannya:

Baca juga: Pergantian Pemain dalam Sepak Bola

Pengertian VAR dalam Sepak Bola

VAR adalah prosedur bantuan teknologi untuk membantu asisten wasit meninjau tayangan ulang sebuah insiden dalam permainan sepak bola, sebagai bahan pertimbangan untuk wasit utama.

Fungsi VAR dalam sepak bola adalah untuk menegakan maupun menegakkan peraturan pertandingan sepak bola (Laws of the Game) semaksimal mungkin, seperti dikutip dari panduan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB).

Baca juga: Tendangan Penalti dalam Sepak Bola: Aturan dan Syaratnya

Cara kerja VAR adalah dengan memeriksa siaran televisi atau rekaman pertandingan secara langsung untuk melihat insiden dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Teknologi VAR kemudian meninjau tayangan siaran pertandingan secara normal atau memakai tayangan ulang dengan kecepatan diperlambat (slow motion) dari berbagai sudut.

Adanya tinjauan dengan teknologi VAR membantu wasit dalam situasi seperti berikut:

  1. Proses terjadinya sebuah gol, seperti kemungkinan offside, pelanggaran, dan atau handball.
  2. Kemungkinan penalti seperti titik. terjadinya pelanggaran, dugaan adanya pelanggaran, atau penyerang lawan yang mencari keuntungan dengan menjatuhkan diri (diving).
  3. Pelanggaran dengan potensi hukuman kartu merah, seperti perkelahian antar pemain atau gestur tubuh dengan maksud melecehkan.
  4. Kesalahan identifikasi dari wasit, untuk memastikan hukuman kartu kuning ataupun merah diterima pemain yang tepat.

Prosedur tinjauan menggunakan teknologi VAR dalam pertandingan sepak bola dilakukan apabila sudah terdapat keputusan dari wasit mengenai sebuah insiden.

Pengecualian terjadi jika insiden tersebut terlewat atau luput dari pandangan wasit atau perangkat pertandingan lain di lapangan.

Baca juga: Gerak Spesifik Aktivitas dalam Sepak Bola

Perangkat VAR dan Area Tinjauan Wasit

Proses pengamatan melalui teknologi VAR mengambil tempat dalam sebuah ruangan operasional video dengan dua orang perangkat pertandingan serta satu orang operator tayangan ulang.

Jumlah perangkat pertandingan atau operator tayangan ulang bisa bertambah sesuai jumlah kamera ataupun sudut pengambilan gambar sebuah pertandingan sepak bola.

Ruangan operasional VAR terhubung langsung dengan perangkat komunikasi wasit di lapangan, terutama saluran komunikasi milik wasit utama.

Baca juga: Arah Berlari Wasit dalam Pertandingan Sepak Bola

Wasit akan memberi sinyal kepada pemain dan staf di lokasi pertandingan saat hendak melakukan tinjauan dengan bantuan VAR di tepi lapangan.

Perangkat pertandingan dalam ruangan operasional teknologi VAR akan memberikan tayangan ulang dengan sudut kamera terbaik atau sesuai permintaan wasit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com