Kompas.com - 31/03/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Kegiatan olahraga berupa lari menarik minat masyarakat karena tergolong sederhana serta bisa dilakukan di berbagai tempat dan waktu.

Pengertian dari olahraga lari adalah gerakan tubuh di mana pada saat semua kaki ada saat melayang di udara atau dalam suatu waktu kedua. telapak kaki terangkat dari tanah.

Dalam melakukan olahraga lari sendiri terdapat dua tahapan yakni topang dan melayang seperti dikutip dari buku Gerak Dasar Atletik (2007) karya Eddy Purnomo.

Setiap tahapan dalam olahraga lari perlu mendapat perhatian dan dilakukan dengan posisi badan secara benar, yang membuat pelari semakin cepat.

Adapun penjelasan mengenai bagaimana postur badan serta cara melakukan setiap tahapan ketika berlari, adalah sebagai berikut:

  • Tahapan topang

Melalui tahapan topang ketika berlari, diharapkan seorang pelari mendapatkan dorongan besar ke depan serta hambatan kecil ketika menyentuh tanah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun tahapan topang ketika melakukan olahraga lari dibagi menjadi dua bagian, yakni topang depan dan dorong.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kecepatan Lari dan Kelincahan Gerak

Bentuk tahapan topang ketika melakukan lari adalah mendarat pada telapak kaki, sementara lutut kaki penopang sedikit menekuk, kemudian ketika bertolak pinggang, sendiri lutut, dan mata kaki harus diluruskan.

Ayunan kaki kemudian dipercepat kemudian paha kaki mengarah dengan cepat menuju sebuah posisi horizontal.

  • Tahapan melayang

Fase melayang dalam olahraga berlari memiliki andil mengoptimalkan dorongan ke depan serta menyiapklan penempatan kaki secara efektif saat berada di permukaan tanah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X