Kompas.com - 31/03/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi taktik dan strategi menyerang dalam permainan tenis meja kemdikbudIlustrasi taktik dan strategi menyerang dalam permainan tenis meja

KOMPAS.com - Olahraga tenis meja merupakan bentuk permainan bola kecil menggunakan meja serta pemukul bola bernama bet.

Tenis meja atau juga disebut sebagai permainan pingpong dilakukan dengan cara memukul bola menuju wilayah permainan lawan melewati jaring.

Permainan ini mendunia usai ditemukan di Inggris pada akhir abad ke-19, kemudian menyebar menuju berbagai negara termasuk Indonesia.

Agar permainan berjalan dengan tertib, setiap pemain harus mengikuti peraturan tenis meja yang sudah ditetapkan. 

Lantas bagaimana sejatinya bentuk peraturan dasar dari permainan tenis meja sebagai salah satu cabang olahraga bola kecil?

Berikut ini adalah penjelasan peraturan dasar dalam tenis meja seperti dilansir dari Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF):

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lama Pertandingan dan Poin dalam Tenis Meja

Durasi permainan tenis meja ditentukan lama seorang pemain untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dalam pertandingan dengan jumlah babak tertentu.

Jumlah babak tersebut merupakan angka ganjil, yang umumnya menggunakan sistem meraih best of three atau memenangkan tiga dari lima gim dalam suatu pertandingan.

Dalam permainan tenis meja seseorang dinyatakan menang apabila kedudukan skor mencapai angka 11 lebih dahulu.

Baca juga: Jenis-jenis Pukulan dalam Tenis Meja

Apabila terjadi poin seri dalam sebuah gim pada kedudukan 10-10, maka terjadi ketentuan deuce di mana pemenang diharuskan meraih keunggulan dua poin.

Halaman:


Sumber ITTF
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.