Kompas.com - 29/03/2021, 09:50 WIB
Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo menyapa penyerang Barcelona Lionel Messi (kanan) sebelum pertandingan Grup G Liga Champions antara Barcelona vs Juventus di Stadion Camp Nou di Barcelona pada 8 Desember 2020. AFP/JOSEP LAGOPenyerang Juventus Cristiano Ronaldo menyapa penyerang Barcelona Lionel Messi (kanan) sebelum pertandingan Grup G Liga Champions antara Barcelona vs Juventus di Stadion Camp Nou di Barcelona pada 8 Desember 2020.

KOMPAS.com - Istilah GOAT kerap terdengar di dunia olahraga termasuk sepak bola. Lantas apa itu GOAT?

Pada 2017 silam, bek tengah Barcelona, Gerard Pique, melalui akun Twitter pribadinya mengunggah foto rekan setimnya, Lionel Messi, yang sedang berpose dengan empat trofi Sepatu Emas Eropa.

Ketika itu Messi berhasil menyabet trofi Sepatu Emas Eropa setelah mencetak 37 gol dari 34 penampilan di La Liga 2016-2017 bersama Barcelona.

Dalam unggahan tersebut, Pique menuliskan "GOAT" untuk Lionel Messi.

GOAT yang dimaksud Gerard Pique tentu bukan "kambing" dalam bahasa Inggris, tetapi arti goat dalam sepak bola adalah singkatan dari "Greatest of All Time" atau "Terbaik Sepanjang Masa".

Adapun, Lionel Messi memang menjadi salah satu pemain yang disebut GOAT dalam sepak bola.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Megabintang sepak bola lainnya yaitu Cristiano Ronaldo juga mendapatkan sebutan GOAT.

Sebutan GOAT untuk Ronaldo tersebut muncul setelah penyerang asal Portugal itu membukukan gol ke-770 sepanjang kariernya.

Baca juga: Sejarah Sepak Bola Dunia: Mengenang Trofi Liga Champions Pertama Real Madrid

Namun, sebutan GOAT tidak hanya diberikan kepada pemain sepak bola. Pemain-pemain hebat dari cabang olahraga lain juga ada yang mendapatkan sebutan tersebut.

Mengutip The Scotsman, GOAT adalah label yang diberikan kepada pemain (atlet) yang dianggap sebagai yang terbaik dalam olahraga atau tim mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X